Jakarta (ANTARA) - Rentetan 11 kemenangan Timnas Bola Basket Putri di level Asia Tenggara dan Asia harus terhenti di tangan tim India dengan menelan kekalahan 46-66 pada pertandingan pertama Grup A Asian Games 2022 di SX Olympic Gymnasium Hangzhou China, Rabu.

Timnas Basket Putri yang sedang berapi-api karena mencatatkan enam kemenangan di ajang SEA Games Kamboja, dan lima menang di FIBA Asia Cup 2023 Putri Divisi B, harus menerima kekalahan oleh tim India dengan selisih 20 poin.

Henny Sutjiono dan kawan-kawan memulai laga dengan lambat dan bahkan tanpa mencetak poin hingga laga berlangsung selama tiga menit. Tembakan tiga angka dari Kimberley Pierre Louis yang mebuka poin untuk Indonesia.

Pada kuarter pertama, Indonesia mampu mencetak 14 poin, dan itu menjadi angka terbanyak yang dibuat dalam satu kuarter. Sejak kuarter pertama, India sudah unggul 18-14.

Pada kuarter kedua dan ketiga, laga berlangsung ketat dengan Timnas Basket Putri Indonesia memberikan perlawanan. Bahkan, Indonesia sempat memimpin poin di kuarter kedua dan kuarter tiga meski paling banyak hanya menang empat angka.

Di akhir kuarter tiga, India berhasil mencuri poin meski hanya unggul dua poin dengan skor 38-36.

Baca juga: Timnas basket putri dalam kondisi prima jelang laga lawan India

Namun permainan berubah di kuarter akhir. Indonesia hanya mampu mencetak 10 poin, sementara India mendulang poin hingga 28 angka.

Akurasi tembakan Timnas Basket Putri hanya 22 persen meski melakukan banyak sekali percobaan tembakan, yaitu hanya 18 yang berhasil dari sebanyak 82 upaya lemparan yang dilakukan (18-82). Akurasi tembakan tiga angka bahkan lebih rendah lagi, yakni 13 persen dengan 4-32.

Kimberley Pierre Louis menjadi pencetak poin terbanyak untuk Indonesia dengan 11 poin sekaligus menyumbang 10 rebound. Catatan dua digit lainnya hanya dibuat oleh Dewa Ayu Made Kusuma dengan 11 rebound dan menyumbang 4 poin.

Dengan kekalahan ini, Timnas Basket Putri Indonesia berada di peringkat tiga klasemen Grup A. Posisi pertama ditempati China yang menggasak Mongolia 101-46. India menduduki posisi dua dan Mongolia di peringkat terakhir.

Timnas Basket Putri membuat perjuangan untuk lolos fase grup kian berat dengan kalahnya melawan India. Sebab mereka akan berhadapan dengan tim peringkat dua dunia yaitu China pada Jumat (29/9).

Baca juga: Timnas basket putra Indonesia takluk 55-95 dari Korea Selatan
Baca juga: Timnas basket alihkan fokus ke laga melawan Jepang

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023