Meminta kasus ini didalami dan dikembangkan untuk mendapatkan kepastian sebab dan kebutuhan penanganan lebih lanjut
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  (KemenPPPA) RI meminta pihak kepolisian untuk mendalami kasus tewasnya seorang siswi yang terjatuh dari lantai 4 di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

"Meminta kasus ini didalami dan dikembangkan untuk mendapatkan kepastian sebab dan kebutuhan penanganan lebih lanjut," kata Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak KemenPPPA Nahar saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Polisi temukan fakta baru kasus siswi lompat dari gedung SD

KemenPPPA menyatakan turut berbela sungkawa sedalam-dalamnya atas peristiwa ini. "Kami berduka atas meninggalnya ananda SR," kata Nahar.

Nahar mengatakan, jika dalam kasus ini terdapat dugaan kekerasan terhadap anak dan mengakibatkan korban meninggal dunia, maka perlu dipastikan siapa yang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh dan atau turut serta melakukan kekerasan tersebut.

Terkait adanya dugaan perundungan dalam kasus ini, Nahar mengatakan bila hal itu benar, maka perlu dilakukan upaya membangun sistem sekolah ramah anak.

Baca juga: Anggota DPR desak pelaku pencolokan mata siswi SD di Gresik ditindak

"Jika kasus ini terkait dengan lingkungan sekolah yang belum ramah anak, atau belum bebas dari praktek perundungan, maka perlu dilakukan upaya membangun sistem sekolah ramah anak dengan merujuk berbagai kebijakan yang telah dibuat oleh pemerintah," kata Nahar.

Pada Selasa (26/9), seorang siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Pesanggrahan, Jakarta Selatan, meninggal dunia karena terjatuh dari lantai empat gedung sekolahnya.

Setelah peristiwa, korban sempat menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Fatmawati, namun nyawanya tidak tertolong.

Baca juga: Pemkot Bogor proses pemberhentian guru ASN cabuli belasan siswi SD

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023