Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita ekonomi mewarnai pemberitaan Rabu (27/9), mulai dari integrasi moda transportasi Jabodebek hingga program food estate yang berjalan baik.

Berikut berita selengkapnya:

​​​​​1. Luhut: Moda transportasi Jabodebek terintegrasi dalam sebulan ke depan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sistem moda transportasi publik yang menghubungkan Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi (Jabodebek) diintegrasikan dalam kurun satu bulan ke depan.

"Tadi Presiden meminta kami untuk mengintegrasikan sistem moda di Jabodebek. Jadi jangan terpecah-pecah, ada BUMN, pemda, pusat, jadi bagaimana sistem angkutan terintegrasi ini dibuat dalam satu organisasi," kata Luhut Binsar Pandjaitan seusai Rapat Terbatas di Istana Merdeka Jakarta, Rabu siang.

2. Bursa Karbon tidak ada transaksi di hari kedua setelah peluncuran

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) selaku Penyelenggara Bursa Karbon Indonesia (IDXCarbon) mencatat tidak ada transaksi untuk perdagangan unit karbon pada hari kedua setelah peluncuran.

Harga unit karbon di pasar reguler pada pembukaan dan penutupan tidak mengalami perubahan, yaitu berada di harga Rp77.000 per unit karbon, melansir data perdagangan di IDXCarbon Jakarta, Rabu.

3. OIKN: Pengelolaan gedung di IKN Nusantara utamakan empat aspek utama

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melalui Kedeputian Bidang Sarana dan Prasarana mengungkapkan pengelolaan gedung di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mengutamakan empat aspek yakni keamanan, keselamatan, kenyamanan, dan keberlanjutan bagi para penghuni dan tenaga kerjanya.

4. Wamendag minta TikTok mematuhi aturan e-Commerce

Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga meminta platform media sosial TikTok untuk mematuhi aturan soal e-Commerce yang berlaku di Indonesia.

Aturan baru e-Commerce itu tertulis dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 31 Tahun 2023, yang merupakan revisi dari Permendag Nomor 50 Tahun 2020 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan, dan Pengawasan Pelaku Usaha dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik.

5. Kementan tegaskan food estate berjalan baik dan beri dampak positif

Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan program food estate sampai saat ini berjalan baik dan memberi dampak positif bagi petani dan kawasan.

“Memang tidak bisa instan, mengolah dan menyiapkan lumbung pangan baru. Kami mendengar dan memperhatikan suara-suara publik, dan berupaya secara aktif merespons baik dan menyampaikan progresnya setiap saat,” kata Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementan Kuntoro Boga Andri dalam keterangan resminya, di Jakarta, Rabu.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023