Jumlah pengunjung mencapai 1.224 orang atau meningkat 1.087 orang dibanding hari biasa hanya 137 orang
Boyolali (ANTARA) - Pengunjung objek wisata konservasi, edukasi dan rekreasi Kebun Raya Indrokilo di Desa Kemiri Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Kamis, bersamaan hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW mencapai 1.224 orang atau meningkat dibanding hari biasa.

"Jumlah pengunjung mencapai 1.224 orang atau meningkat 1.087 orang dibanding hari biasa hanya 137 orang," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebun Raya Indrokilo Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Boyolali Lilik Triwahyuni di Boyolali, Kamis.

Lilik Triwahyuni menjelaskan jumlah pengunjung selain hari libur nasional pada Sabtu atau Minggu bisa mencapai lebih dari 1.000 orang per hari tetapi pada hari kerja Senin sampai Jumat rata-rata hanya sekitar 100 hingga 150 orang per hari. Kecuali, ada pesanan sewa lokasi untuk acara khusus akan lebih ramai jumlah pengunjungnya.

"Setiap hari libur Sabtu dan Minggu pengunjung di Kebun Raya Indrokilo bisa melebihi 1.000 orang per hari, tetapi jika hari biasa rata-rata sekitar 100 hingga 150 pengunjung per hari," katanya.

Kendati demikian, pengelola Kebun Raya Indrokilo Boyolali DLH Boyolali tetap optimistis hasil dari penjualan tiket pengunjung dengan target Rp1 miliar pada akhir tahun 2023 ini, dapat terpenuhi.

"Kami dari hasil penjualan tiket masuk pengunjung Kebun Raya Indrokilo Boyolali hingga September 2023 mencapai sekitar Rp700 juta. Kami optimistis target Rp1 miliar bisa terpenuhi hingga akhir 2023," katanya.

Baca juga: Kadin Indonesia resmikan embung di Boyolali dukung perhutanan sosial

Baca juga: Bupati: Pembangunan wisata religi di Boyolali capai 90 persen.


Dia mengatakan hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya kunjungan terutama pada hari libur. Kebun Raya Indrokilo menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) Kabupaten Boyolali.

Pengunjung cukup membeli tiket retribusi Rp5.500 per orang, sudah dapat menikmati lokasi wisata yang memiliki banyak tempat menarik untuk swafoto dan bersantai bersama keluarga di Kebun Raya Indrokilo.

Pengelola Kebun Raya Indrokilo juga menyewakan sepeda gunung untuk pengunjung dewasa, sedangkan untuk anak-anak juga disediakan sepeda khusus.

Selain itu, ada dua kendaraan wisata listrik untuk pengunjung, setiap orang dikenai biaya Rp50 ribu, untuk mengelilingi lokasi wisata dengan lahan seluas sekitar 8,9 hektare itu.

Selain itu, Kebun Raya Indrokilo merupakan wisata edukasi bagi anak-anak. Selain pengunjung bisa menikmati keindahan alam, mereka juga mendapatkan edukasi tentang koleksi jenis tanaman dan sejarahnya melalui aplikasi digital.

Pengunjung Kebun Raya Indrokilo kebanyakan menikmati keindahan alam dengan sejumlah tempat untuk berswafoto, seperti Gerbang Pasingsingan, Bahtera Nabi Nuh, Air Terjun Niagara, Taman Paku, Taman Labirin, Viewing Point, Patung Sosro Birowo dan Ecological House.

Baca juga: Realisasi PBB di Kabupaten Boyolali hingga Agustus capai 83 persen

Baca juga: PGN Solution memulai proyek pipa BBM Pengapon-Boyolali

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023