Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 22 pianis muda di bawah bimbingan Levi Gunardi, komposer dan pendiri sekolah piano Life on Piano Music Center, memukau masyarakat Ceko dengan talenta bermusiknya.

Pada konser yang didukung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Praha, Ceko, dan Petrof Company salah satu produsen piano terbesar di dunia asal Ceko tersebut, para pianis cilik memainkan karya-karya klasik dari Mozart, Chopin, Bach, Debussy, dan lainnya di Ant Petrof Gallery, di Kota Hradec Králové, Ceko.

Baca juga: KBRI promosikan makanan Indonesia dalam pameran di Brno, Ceko

Duta Besar (Dubes) RI untuk Ceko Kenssy D Ekaningsih melalui keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, mengaku bangga pada penampilan para pianis muda Indonesia tersebut.

"Diplomasi seni budaya seperti ini saya yakin sangat efektif untuk meningkatkan pemahaman dan hubungan baik antarmasyarakat kedua negara, Indonesia dan Ceko, karena pada dasarnya, masyarakat Ceko juga menggemari seni," ujar Dubes Kenssy.

Baca juga: KBRI Praha gelar diskusi kerja sama perdagangan dan industri RI - Ceko

Menurut dia, para pianis muda Indonesia itu berhasil tampil memukau dan menghibur penonton dengan alunan nada yang bening mengalir, opera nan dramatis, dan melodi yang menghentak yang dibawakan dengan penuh percaya diri.

Pada konser malam tanggal 23 September 2023 itu para penonton juga seolah dibawa melintasi samudera dan benua jauh ke Indonesia lewat karya gubahan Levi Gunardi yang memadukan komposisi klasik dengan nada khas Nusantara, seperti Merapi, The Dancer, dan Nirvana.

Baca juga: Desainer Sonya Morina pamerkan koleksinya di STYL Fashion Fair Ceko

Keluarga Petrof, sebagai tuan rumah, menyampaikan apresiasi tinggi kepada para pianis muda Indonesia yang merupakan pemenang dari kompetisi piano secara daring pertama di Indonesia.

Petrof Company merupakan salah satu produsen piano terbesar di dunia asal Ceko yang telah berdiri sejak tahun 1864.

Pewarta: Risbiani Fardaniah
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023