New York (ANTARA) - Indeks-indeks utama Wall Street lebih tinggi pada akhir perdagangan Kamis (Jumat pagi WIB), karena investor mempertimbangkan sekumpulan data ekonomi terbaru dan lonjakan imbal hasil obligasi pemerintah terhenti menjelang laporan inflasi utama.

Indeks Dow Jones Industrial Average terangkat 116,07 poin atau 0,35 persen, menjadi menetap di 33.666,34 poin. Indeks S&P 500 bertambah 25,19 poin atau 0,59 persen, menjadi berakhir di 4.299,70 poin. Indeks Komposit Nasdaq meningkat 108,43 poin atau 0,83 persen, menjadi ditutup di 13.201,28 poin.

Di antara 11 sektor utama S&P 500, kelompok jasa komunikasi terkerek 1,2 persen, sementara sektor material menguat 1,0 persen. Sektor utilitas yang sensitif terhadap suku bunga merosot 2,2 persen, melanjutkan penurunannya baru-baru ini.

S&P 500 telah turun lebih dari 6,0 persen sejak akhir Juli, tetapi tetap naik sekitar 12 persen pada tahun 2023.

Investor juga mengamati perkembangan di Washington untuk melihat apakah anggota parlemen AS dapat menghindari penutupan pemerintahan.

Pergerakan imbal hasil obligasi pemerintah baru-baru ini ke level tertinggi dalam 16 tahun telah membayangi pasar saham, yang telah mundur setelah Federal Reserve pekan lalu mengisyaratkan prospek suku bunga jangka panjang yang hawkish.

Patokan imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun yang berhenti di sekitar 4,6 persen membawa "kelegaan," kata Matt Stucky, manajer portofolio senior di Northwestern Mutual Wealth Management Co.

“Pasar secara umum dalam beberapa hari terakhir benar-benar bergejolak,” kata Stucky.

"Sedikit reli yang berlawanan dengan tren diperkirakan akan terjadi setelah tiga atau empat hari negatif yang cukup tajam."

Data menunjukkan perekonomian AS mempertahankan laju pertumbuhan yang cukup solid pada kuartal kedua.

Pembacaan terpisah menunjukkan klaim pengangguran awal naik sedikit pada minggu lalu dan penurunan kontrak pembelian rumah yang ada pada Agustus lebih tinggi dari perkiraan.

Investor menantikan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi pada Jumat untuk mengetahui pandangan terbaru mengenai inflasi.

“Ini adalah data AS yang paling penting minggu ini, dan ada antisipasi yang berkembang bahwa data tersebut tidak akan menjadi terlalu panas,” kata Kristina Hooper, kepala strategi pasar global di Invesco.

Di Washington, Senat AS yang dipimpin oleh Partai Demokrat terus maju dengan rancangan undang-undang pendanaan sementara bipartisan yang bertujuan untuk mencegah penutupan sebagian pemerintah untuk keempat kalinya dalam satu dekade.

Dewan Perwakilan Rakyat bersiap untuk melakukan pemungutan suara terhadap rancangan undang-undang belanja Partai Republik yang partisan, namun tidak ada peluang untuk menjadi undang-undang.

Dalam berita perusahaan, saham Micron Technology jatuh 4,4 persen setelah perusahaan cip tersebut memperkirakan kerugian lebih besar dari perkiraan para analis.

Saham Accenture merosot 4,3 persen setelah perusahaan layanan TI tersebut memperkirakan pendapatan setahun penuh dan pendapatan kuartal pertama di bawah target Wall Street.

Saham-saham yang naik melebihi jumlah yang turun dengan rasio 2,2 banding 1 di NYSE, dengan sekitar 10,7 miliar saham berpindah tangan di bursa AS, dibandingkan dengan rata-rata harian 10,3 miliar selama 20 sesi terakhir.


Baca juga: Wall St beragam, S&P 500 naik karena investor pertimbangkan pembelian
Baca juga: Wall St anjlok karena investor bergulat dengan suku bunga lebih tinggi

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023