Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Ke-30 Al Maghfurlah KH Muhammad Amin (Abuya Amin) di Masjid Jami’ Baitul Muhtadin, Tangerang, Banten, Kamis (28/9) malam.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat pagi, pada kesempatan itu Wapres Ma'ruf Amin mengatakan pentingnya mencetak ulama bagi keselamatan generasi berikutnya.

Baca juga: Wapres hadiri perayaan Hari Nasional ke-93 Arab Saudi di Jakarta

"Untuk menyelamatkan generasi kita, maka kita perlu mencetak ulama-ulama. karena para ulama tidak selalu hidup. Kiai juga meninggal. Kalau kita sudah meninggal, ilmunya itu dibawa," katanya

Wapres mengatakan Allah SWT tidak akan mengambil ilmu dari bumi dengan mencabutnya, melainkan mengambil ilmu dengan "mewafatkan" para pemilik ilmu.

Selain itu, Wapres Ma'ruf Amin juga menekankan pentingnya menyiapkan generasi yang dapat memakmurkan bumi dengan berkontribusi kepada negara.

Baca juga: Wapres kunjungan kerja ke Cirebon menumpang kereta

Wapres menyampaikan bahwa berkontribusi kepada negara juga termasuk berjihad dalam Islam.

"Selain kita harus menyiapkan almutafaqquun (orang yang bertakwa), kita juga diminta menyiapkan (generasi) yang memakmurkan bumi," tuturnya.

Sebelum meninggalkan tempat acara, Wapres menyempatkan diri menyimak tausiyah yang dibawakan oleh Ketua Majelis Ulama Indonesia Kecamatan Gunung Kaler KH Fahaddudin yang didaulat menggantikan Habib Lutfhi bin Yahya yang berhalangan hadir.

Baca juga: Wapres lakukan kunjungan kerja ke Tiongkok

Turut mendampingi Wapres Ma'ruf Amin pada kegiatan itu di antaranya Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi dan Zumrotul Mukaffa.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023