untuk mengatasi polusi udara
Jakarta (ANTARA) -
Petugas Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur melakukan penyemprotan dengan air di area Monumen Pancasila Sakti, Kelurahan Lubang Buaya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dalam rangka menyambut Hari Kesaktian Pancasila pada 1 Oktober 2023. 
 
"Penyemprotan di area Monumen Pancasila Saksi ini dilakukan sesuai arahan Kepala Dinas Gulkarmat DKI dan hasil rapat di tingkat nasional. Kegiatan ini untuk mengatasi polusi udara dan kualitas udara di area sekitar," kata Kepala Sudin Gulkarmat Jaktim Muchtar Zakaria di Jakarta, Jumat.
 
Ia menjelaskan, Monumen Pancasila Sakti akan menjadi lokasi Hari Kesaktian Pancasila yang akan dihadiri pejabat negara dan tamu negara asing.

Menurut dia, kegiatan penyemprotan dengan menggunakan mobil pompa Damkar ini sudah dilakukan sejak Senin (25/9) dan akan terus berlanjut hingga Sabtu (30/9).

Baca juga: Legislator harap penyemprotan air ke jalan dimaksimalkan di Marunda
Baca juga: Atasi polusi DKI, Pemerintah buka opsi semprot air dari gedung tinggi

Penyemprotan dilakukan sebanyak tiga kali dalam sehari, yakni pukul 05.30 WIB, pukul 10.00 WIB dan pukul 14.00 WIB di sekitar area parkir belakang dekat Stasiun Pemantau Kualitas Udara hingga ke gerbang utama monumen.

"Kami kerahkan tiga unit mobil pompa medium dengan 12 personel untuk melakukan penyemprotan," katanya.

Dengan adanya penyemprotan itu, tambah dia, diharapkan debu-debu yang mengotori area Monumen Pancasila Sakti akibat musim kemarau akan hilang saat upacara Hari Kesaktian Pancasila.

"Area monumen harus dibersihkan karena untuk agenda nasional yang menghadirkan tamu negara asing," kata Muchtar.

Baca juga: Gulkarmat Jaktim kembali semprot jalan atasi polusi udara
Baca juga: Epidemiolog: Penyemprotan air bertekanan tinggi perburuk polusi

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023