Jakarta (ANTARA) - IdeaFest, festival tahunan terbesar di Indonesia bagi pekerja di industri kreatif, kembali hadir di 2023 dengan mengusung tema "Lead the Leap!" yang diharapkan dapat mengajak industri untuk membuat lompatan baru berupa inovasi dan solusi bagi masyarakat dari kreativitas.

"Besar harapannya dengan tema di tahun ini, menunjukkan waktu bagi pelaku industri kreatif Indonesia untuk lompat. Kita harus memimpin untuk membuat lompatan (karya dalam inovasi dan solusi)," kata Co-Chairman IdeaFest 2023 Ben Soebiakto saat konferensi pers di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat.

IdeaFest yang melibatkan peserta dari berbagai bidang itu menghadirkan lebih dari 120 sesi diskusi dengan 280 pembicara ahli. Ben mengatakan pada praktiknya di industri kreatif masa kini, para talenta asal Indonesia mulai mengukir prestasi tidak hanya di kancah nasional, tapi, juga global berkat kehadiran teknologi.

Baca juga: IDEAFEST 2023 ajak kreator dorong perkembangan industri kreatif

Dia mencontohkan dari sisi industri film, sineas Tanah Air terbantu untuk mendistribusikan karyanya berkat kehadiran aplikasi-aplikasi Over-The-Top (OTT). Menurut Ben, hal serupa juga mulai banyak terjadi di industri lainnya yang membutuhkan talenta pekerja-pekerja kreatif.

Maka, agar bisa selaras dengan perkembangan industri yang menunjukkan potensi pertumbuhan, tema "Lead the Leap!" dirasa tepat untuk memberikan lebih banyak inspirasi bagi para peserta IdeaFest. Creative Director IdeaFest David Irianto turut mengatakan tema "Lead the Leap!" juga menjadi ajakan untuk generasi Z yang saat ini mulai mendominasi dunia kerja untuk memiliki kapabilitas kepemimpinan dalam berkarya dengan ide kreatif.

Ajakan itu diharapkan bisa mendobrak stigma negatif terhadap generasi Z yang kerap mendapatkan label "bermental lemah".

"Harapannya IdeaFest dapat memberikan semangat untuk generasi muda ini memiliki semangat perjuangan dan memimpin untuk berani melompat bahkan ke sektor-sektor yang mungkin tidak dipahami sebelumnya," ujar David.

IdeaFest 2023 menawarkan beragam kegiatan selama dilangsungkan mulai 29 September sampai 1 Oktober, di antaranya IdeaTalk and Conference yang menghadirkan ratusan sesi diskusi dengan beragam narasumber yang berasal dari multisektor, Ready Set Go! yang merupakan pertunjukan sportainment yang digelar lewat kolaborasi dengan LPDUK Kemenpora, dan Closing Night yang disiapkan menjadi acara penutup spesial.

Ada juga IdeaFest Youth Summit yang menghadirkan narasumber tiga Bakal Calon Presiden yaitu Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Prabowo Subianto yang diharapkan dapat meningkatkan kepedulian generasi muda terhadap masa depan Indonesia lewat memahami kepemimpinan yang tepat.

Selanjutnya ada NEXSPACE yang dikhususkan bagi pelaku UMKM mendapatkan mentoring khusus untuk mengasah kreativitas dalam mengembangkan usahanya, serta acara Semasa di IdeaFest 2023 sebuah pameran dengan 150 usaha kuliner dan kriya yang dapat ditemui di acara IdeaFest 2023.

Baca juga: Nexspace 2023 cari pebisnis muda untuk berkompetisi startup

Baca juga: Peran pentahelix disebut penting ciptakan ekosistem industri kreatif

​​​​​​​
Baca juga: Kemenperin jadikan BDI Denpasar pusat ekosistem industri kreatif

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023