Sampai saat ini sudah ada 30 peserta yang mendaftar padahal kuota yang telah ditetapkan itu sebanyak 40 orang"
Jayapura (ANTARA News) - Sebanyak 40 putra-putri Kota Jayapura, Papua akan dikuliahkan di Universitas Kristesn Satya Wacana (UKSW), Salatiga, Jawa Tengah.

Penanggungjawab pendidikan khusus putra-putri asli Port Numbay  (Jayapura) dari Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kota Jayapura Rocky Bebena, Kamis mengatakan saat ini sudah ada 30 putra-putri dari daerah tersebut yang telah mendaftar.

"Sampai saat ini sudah ada 30 peserta yang mendaftar padahal kuota yang telah ditetapkan itu sebanyak 40 orang. Dan semuanya akan mengikuti tahapan yang ada yakni sejumlah tes," katanya.

Rocky menjelaskan pendaftaran telah dibuka sejak beberapa waktu lalu dan akan berahkir pada 24 Mei 2013. "Untuk pendaftaran bisa langsung ke Dinas Pendidikan Kota Jayapura atau lewat SMU/SMK yang ada di daerah ini," katanya.

Sedangkan pada tanggal 27 hingga 29 Mei 2013 pihaknya akan melakukan verivikasi apakah benar para pelamar tersebut merupakan putra-putri asli, "Sebelum dilakukan tes akademik pada tanggal 3 hingga 7 Juni 2013 yang akan dilakukan langsung dari pihak UKSW," katanya.

Mantan wartawan olah raga ini juga menyampaikan bahwa bagi para siswa yang baru ikuti ujian nasional sebaiknya mendaftar saja terlebih dahulu karena juga akan mengikuti sejumlah tes.

"Buat adik-adik asli Jayapura yang baru lulus sekolah dan ingin kuliah di UKSW dengan biaya pemerintah, daftar saja terlebih dahulu. Karena juga nantinya akan ada ujian seperti kejar paket C," katanya.

Rocky menambahkan ini merupakan peluang dan kesempatan bagi putra-putri asli untuk kuliah ke luar daerah. "Pemerintah Kota Jayapura sangat memperhatikan putra-putri asli sehingga menjalin kerjasama dengan UKSW. Mereka yang lolos seleksi merupakan siswa terbaik dan benar-benar siap untuk disekolahkan ke perguruan tinggi," tutupnya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013