Jakarta (ANTARA) - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menegaskan pentingnya percepatan transisi energi untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 melalui berbagai program pemerintah.
 
"Program-program dekarbonisasi agar terus dilaksanakan, antara lain pengembangan EBT secara masif, retirement PLTU, pelaksanaan co-firing biomassa pada PLTU, konversi PLTD ke PLT Gas dan PLT EBT, pelaksanaan mandatori B35 dan B40, penerapan CCS/CCUS, percepatan program kendaraan listrik, dan program elektrifikasi di rumah tangga," ujar Arifin dalam Penghargaan Subroto yang digelar di Jakarta, Jumat.
 
Dirinya menyebut peran komoditas mineral penting dalam mendukung transisi energi, antara lain digunakan sebagai bahan baku solar panel, wind turbine, dan baterai yang dapat digunakan untuk kendaraan listrik.
 
"Indonesia memiliki banyak sumber daya mineral yang dapat digunakan untuk pengembangan teknologi energi bersih, namun proses pengolahan dan pemurnian serta industri pendukungnya masih perlu banyak dikembangkan. Pemerintah terus mendorong pengembangan hilirisasi mineral," lanjutnya.
 
Tidak hanya di dalam negeri, Arifin juga mendorong penyediaan energi bersih di kawasan Asia Tenggara melalui keketuaan ASEAN tahun ini, Indonesia telah berhasil mendorong lahirnya Deklarasi Bersama tentang Ketahanan Energi Berkelanjutan melalui Interkonektivitas ASEAN Power Grid dan Trans-ASEAN Gas Pipeline.
 
"Kementerian ESDM optimis untuk melaksanakan semua program-program energi bersih yang menjadi energi masa depan," tutur Arifin.
 
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia mengimplementasikan program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dengan memasifkan konversi motor listrik untuk mengejar target Net Zero Emission (NZE) di 2060.
 
 
Direktur Konservasi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM Gigih Udi Atmo di sela kegiatan Roadshow Program Konversi Motor Listrik mengatakan, selain sosialisasi, pihaknya juga menggelar pelatihan bagi masyarakat dan bengkel.
 
Secara nasional, lanjutnya, sudah ada delapan bengkel konversi yang sudah disertifikasi oleh Kementerian ESDM untuk menjadi mitra program konversi motor listrik.

Baca juga: Pertamina kembangkan "green refinery" dukung target NZE 2060

Baca juga: ESDM terus genjot program dekarbonisasi dukung capaian NZE 2060

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023