Palu (ANTARA News) - Seorang turis berkebangsaan Jerman terdampar di perairan Buol, Sulawesi Tengah, pada 14 Mei 2013, setelah sebelumnya nekat berlayar dari Manado (Sulut) menuju Bali dengan menggunakan perahu layar milik sendiri .

"Saat ini turis itu masih menjalani pemeriksaan pihak berwajib di Buol," kata pelaksana tugas Kepala Divisi Imigrasi Kantor Kementerian Hukum dan HAM Sulteng Arman Andrya di Palu, Kamis.

Ia mengatakan warga Jerman bernama Benedikt Reichhold (45) tersebut ditemukan masyarakat Desa Lakea, Kabupaten Buol dan selanjutnya diserahkan kepada pihak kepolisian setempat.

Berdasarkan laporan dari Polres Buol dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Buol, warga Jerman itu hanya bisa menunjukkan dokumen keimigrasian berupa paspor yang hanya di fotocopy.

"Ketika petugas minta bersangkutan untuk memperlihatkan identitasnya, ia hanya menunjukkan fotocopy paspor," kata Arman.

Menurut Benedikt, paspor aslinya hilang.

Guna pemeriksaan lebih lanjut, warga Jerman itu kini sementara ditangani pihak Polresta Buol.

"Kami sekarang ini menunggu dahulu perkembangan hasil pemeriksaan pihak berwajib di Buol," kata Arman yang juga Kepala Kantor Imigrasi Palu.

Pewarta: Anas Masa
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013