Dispar Biak Numfor telah mendapat dukungan dari Kementerian Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) serta Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)
Biak (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Biak Numfor, Papua, mengagendakan kontes kapal layar wisata Internasional atau Yacth 2024 berlangsung di perairan Biak.

"Dispar Biak Numfor telah mendapat dukungan dari Kementerian Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) serta Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)," ujar Kepala Dinas Pariwisata Biak Numfor Onny Dangeubun di Biak,Senin.

Diakui Onny, untuk mendukung kontes perahu wisata Internasional pihak Pemkab Biak Numfor sudah memiliki pelabuhan khusus yacth di kawasan perairan Nirmala Beach Samau.

Onny mengatakan, untuk pelabuhan tempat kapal wisata yacth pada 2023 sudah diresmikan Bupati Herry Ario Naap guna mendukung program pariwisata se-Tanah Papua khususnya di Kabupaten Biak Numfor.

Onny mengatakan, saat ini di Kabupaten Biak Numfor sudah dirancang program pariwisata berlabel Internasional dengan dukungan Kemenko Marves dan Kemenparekraf serta kementerian terkait lainnya.

Onny menambahkan, ajang kontes kapal layar wisata Internasional akan dirangkaikan dengan pelaksanaan Sail Teluk Cenderawasih (STC) Biak pada November 2024.

Diharapkan adanya ajang kontes kapal layar wisata Internasional dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Biak Numfor.

"Apalagi Biak Numfor punya potensi kemaritiman untuk wisata alam, sisa sejarah perang dunia II dan beragam seni budaya asli suku Biak yang sangat menarik untuk dipertontonkan kepada wisatawan," kata Onny.

Pada pelaksanaan STC November 2024 diprogramkan berbagai kegiatan pariwisata daerah di antaranya atraksi budaya tari tradisional Wor,Yospan dan atraksi berjalan di atas batu panas (apen beyeren) serta pentas musik hiburan.

Baca juga: Kemenparekref-Dispar Biak siapkan paket wisata prioritas STC 2024

Baca juga: Dispar Biak libatkan komunitas selam promosikan wisata alam laut

Baca juga: Dispar: Taman Mangrove Biak jadi wisata alam unggulan

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024