Sehingga itu akan membuat pengunjung dari luar Papua bisa mengetahui destinasi wisata prioritas untuk dikunjungi.
Jayapura (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Jayapura, Papua menyebut dengan dibukanya penerbangan baru dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura menuju Bandara Frans Kaisiepo, Kabupaten Biak Numfor setiap hari akan membantu dalam mempromosikan objek wisata di daerah itu.

Kepala Dispar Kota Jayapura Matias Mano, di Jayapura, Senin, mengatakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI telah meminta agar pihaknya melakukan promosi terhadap setiap ajang dan destinasi wisata yang ada di daerah itu.

"Sehingga itu akan membuat pengunjung dari luar Papua bisa mengetahui destinasi wisata yang menjadi prioritas untuk dikunjungi, baik di Jayapura maupun di Biak," katanya.

Menurut Matias, dengan adanya penerbangan dari Jayapura menuju Biak, juga akan mempermudah calon penumpang untuk bepergian ke kota-kota tujuan.

"Karena setiap hari ada penerbangan dari Jayapura ke Biak dan sebaliknya kemudian dilanjutkan ke Makassar," ujarnya.

Dia menjelaskan dibukanya rute baru dari Makassar ke Biak dan dilanjutkan ke Jayapura dan sebaliknya oleh maskapai penerbangan Batik Air di bawah naungan Lion Grup merupakan instruksi dari Presiden RI Joko Widodo.

"Dengan demikian agar ada pergerakan orang secara masif di Indonesia sekitar 1,4 miliar pada 2024," katanya lagi.

Ia menambahkan dengan semakin banyak orang yang berkunjung ke Papua tentu akan memberikan dampak pada peningkatan ekonomi kreatif di Papua khususnya Kota Jayapura.

"Tetapi juga kami harapkan dengan dibukanya rute penerbangan yang baru harga tiket ke Papua bisa menurun," ujarnya pula.
Baca juga: Gubernur Papua Barat harap secara bertahap penerbangan kembali normal

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023