Jakarta (ANTARA) -
Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita ANTARA, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi pagi Anda.
 
Jokowi bisiki Ganjar tangani kedaulatan pangan usai dilantik Presiden
 
Presiden RI Joko Widodo mengaku memberikan bisikan kepada bakal calon presiden PDIP Ganjar Pranowo untuk segera menangani kedaulatan pangan setelah dilantik jika terpilih menjadi Presiden periode 2024-2029.
 
"Tadi saya bisik-bisik ke beliau. Pak, nanti habis dilantik besoknya langsung masuk kedaulatan pangan, enggak usah lama-lama. Perencanaannya disiapkan sekarang, begitu dilantik besok langsung masuk ke kerja kedaulatan pangan," kata Presiden Jokowi pada Pembukaan Rakernas IV PDIP di Jakarta, Jumat.
   

Hasto: Nama cawapres Ganjar sudah mengerucut tinggal diumumkan
 
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024 sudah mengerucut, tinggal menunggu waktu diumumkan.

"Ya, nama-nama 'kan sudah dikerucutkan karena pendalaman itu 'kan sudah berlangsung cukup lama," ujar Hasto di sela-sela Rakernas IV PDI Perjuangan di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat.
   

Menag minta agama tak dijadikan sebagai alat politik
 
Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas meminta agar agama tidak dijadikan sebagai alat untuk berpolitik.
 
"Agama jangan digunakan sebagai alat untuk merebut kekuasaan, jangan jadikan agama sebagai alat politik," katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat.
 
Apalagi, katanya, saat ini sudah masuk di tahun politik di mana pada tahun depan akan terlaksana pemilu serentak. Ia mengatakan pemilihan umum hanya sebuah mekanisme untuk menentukan atau mencari siapa yang memimpin bangsa.
   

AMIN komitmen setarakan pembangunan wilayah daratan dan kepulauan
 
Pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berkomitmen menyetarakan pembangunan, baik wilayah daratan maupun kepulauan saat safari politik ke Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jumat.

"Wilayah kepulauan akan diurus secara setara. Kami punya rekam jejak untuk itu," kata Anies usai silaturrahim bersama ulama, habib, kiai, nyai, dan warga NU Madura bersama AMIN di Ponpes Ar-Raudah Batuan, Kabupaten Sumenep.
   

Wapres minta MES konsisten kembangkan ekosistem ekonomi syariah
 
Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta organisasi Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) terus konsisten mengembangkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah.
 
Hal itu disampaikan Wapres saat menerima jajaran pengurus MES di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, sebagaimana disampaikan Juru bicara Wapres Masduki Baidlowi.
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023