Mamuju (ANTARA News) - Warga binaan penghuni Rutan (Rumah Tahanan Negara) Kelas II Mamuju Sulawesi Barat masuk catatan Museum Rekor Indonesia (Muri) dengan karya Tudung Saji terbesar di Indonesia.

Kepala Rutan Mamuju Kelas II Mamuju Achmad Sugiharto saat kunjungan Dirjen Pemasyarakatan di Mamuju, menyampaikan ide awal pembuatan tudung saji lahir ketika ada kunjungan kerja  Kementerian Hukum dan HAM RI beberapa waktu yang lalu.

"Tantangan itu kami respon. Kerja keras pegawai dan warga binaan akhirnya sukses menyelesaikan proses pembuatan Tudung Saji terbesar di Indonesia," kata Ahmad Sugiharto.

Ia menyampaikan, proses pembuatan Tudung Saji ini dikerjakan lima orang warga binaan selama 19 hari dengan ukuran raksasa.

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak MURI (Museum Rekor Indonesia) dan telah memberikan sinyal positif. Makanya, kedatangan Dirjen Pemasyarakatan Kemenkumham RI, Muhammad Sueb sekaligus menyaksikan penandatanganan Notaris atas prestasi rekor Muri yang didapatkan warga binaan," ungkapnya.

Achmad menjelaskan, Tudung Saji tersebut memiliki luas isi tengah 3,5 meter, tinggi 9,5 cm, panjang lingkaran 11,5 meter dan berat 33 Kilogram.

Selain itu kata dia, Tudung Saji ini menggunakan bahan baku berupa Lidi dari pohon enau sebanyak 6.140 batang, rangka kayu rotan sekitar 50 meter, dengan menghabiskan tali hingga 2 kilogram.

Pewarta: Aco Ahmad
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013