“Mau diminta untuk mendukung Pak Ganjar, Pak Prabowo, bahkan Pak Anies pun saya terbuka semuanya. Tapi balik lagi jangan kesusu (terburu-buru), itu pesan dari lurah saya,”
Badung (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep merespons ajakan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

“Iya tidak masalah (ditawarkan Puan) asal yang seperti saya bilang harus win-win (saling menguntungkan, Red),” kata dia di Kabupaten Badung, Bali, Sabtu.

Kaesang yang diwawancara usai Kondolidasi Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PSI Bali itu mengatakan saat ini ia tengah melakukan safari politik, mengunjungi seluruh dewan pengurus wilayah, dan mengatur jadwal bertemu petinggi partai politik seperti Megawati PDI Perjuangan dan Prabowo Subianto Gerindra.

“Sudah saya minta untuk diatur semua (bertemu Megawati dan Prabowo) kita harus nunggu jadwal juga, (waktunya) tadi loh nunggu jadwal,” ujarnya kepada media.

Bagi dirinya PSI terbuka untuk siapa saja, namun berdasarkan nasehat dari ‘lurah’ sosok panutan yang diduga julukan untuk sang ayah, Presiden Jokowi, agar jangan terburu-buru dalam menentukan pilihan.

“Mau diminta untuk mendukung Pak Ganjar, Pak Prabowo, bahkan Pak Anies pun saya terbuka semuanya. Tapi balik lagi jangan kesusu (terburu-buru), itu pesan dari lurah saya,” kata dia sambil tertawa.

Ia meminta agar publik tak salah paham dengan julukan lurah tersebut, yang pasti sosok tersebut memintanya untuk kerja, kerja, kerja, kerja, kerja, kerja, kerja, atau tujuh kali kerja sepekan.

Termasuk saat ini Kaesang Pangarep yang sedang disibukkan dengan agenda konsolidasi ke daerah, sehingga untuk menentukan calon presiden yang didukung PSI masih menunggu waktu, karena ia juga menyadari partainya masih kecil dan tidak memiliki efek terlalu besar.

Sebelumnya di Jakarta (26/9) Puan Maharani mengaku bersikap terbuka jika ada partai politik yang ingin bersilaturahim, meskipun berbeda pilihan seperti PSI.

Bahkan, putri dari Megawati Soekarnoputri itu mengajak Kaesang Pangarep dan PSI ikut bersama PDI Perjuangan mendukung Ganjar Pranowo dalam Pemilu 2024.

"Saya selalu katakan PDI Perjuangan terbuka. Kami selalu silaturahim. Namun, semua partai memiliki strateginya masing-masing dalam merangkul dan kemudian memenangkan capresnya. Jadi, ayo Mas Kaesang, ikut PDI Perjuangan saja yuk," kata Puan.

Pewarta: Ni Putu Putri Muliantari
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023