Tokyo (ANTARA) - Menteri Luar Negeri Jepang Yoko Kamikawa akan mengunjungi Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, dan Thailand mulai 8 Oktober dalam persiapan menjelang konferensi tingkat tinggi dengan pemimpin ASEAN pada akhir tahun ini, menurut keterangan pemerintah Jepang, Sabtu.

Mengingat semakin meningkatnya ketegasan China di Laut China Selatan dan Timur, Kamikawa diharapkan memastikan kepada negara-negara mitra penting Jepang tentang upaya menjamin ketertiban internasional berdasarkan supremasi hukum serta mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Para pemimpin Jepang dan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) dijadwalkan bertemu pada 16-18 Desember di Tokyo untuk memperingati 50 tahun persahabatan dan kerja sama mereka.

Pada awal bulan ini, Jepang dan sepuluh anggota ASEAN meningkatkan hubungan mereka menjadi "kemitraan strategis komprehensif " untuk meningkatkan lebih jauh kerja sama di bidang keamanan maritim dan bidang lainnya.

Tur ke 4 negara ASEAN itu akan menjadi perjalanan kedua Kamikawa ke luar negeri sejak dia menjabat sebagai menteri luar negeri Jepang sejak perombakan kabinet pada 13 September lalu.

Sebelumnya, Kamikawa mengunjungi Amerika Serikat pada akhir September untuk menghadiri kegiatan Sidang Majelis Umum Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) di New York.

ASEAN terdiri dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Sumber: Kyodo-OANA

Baca juga: Jepang perluas kerja sama dengan ASEAN melalui inisiatif konektivitas

Baca juga: Upaya ASEAN-Jepang perluas konektivitas kawasan

Penerjemah: Yoanita Hastryka Djohan
Editor: Yuni Arisandy Sinaga
Copyright © ANTARA 2023