saya yakin bahwa festival ini akan berkembang, mampu semakin menguatkan rasa persaudaraan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga berharap Festival Mooncake 2023 dapat turut melestarikan dan mempromosikan warisan budaya turun temurun dalam tradisi Tionghoa.

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada Perempuan Perhimpunan Indonesia Tionghoa (PINTI) atas terselenggara-nya kegiatan Festival Mooncake 2023 sebagai salah satu upaya dalam melestarikan dan mempromosikan warisan budaya turun temurun dalam tradisi Tionghoa," ujar Menteri Bintang Puspayoga dalam keterangan, Jakarta, Sabtu.

Kegiatan tersebut diharapkan bisa mempererat silaturahmi serta mempertahankan etnis dan budaya, apalagi Indonesia memiliki multi etnis dan budaya yang harus dipertahankan kebhinekaan-nya.

Baca juga: Rayakan Festival Mooncake 2023, Vietjet hadirkan promo tiket mulai Rp0
Baca juga: Mooncake Snow Skin, variasi baru tanpa dipanggang


Menteri Bintang Puspayoga juga menyampaikan bahwa peran perempuan sangat penting dalam melestarikan budaya.

"Festival Mooncake yang sarat nuansa budaya ini mengingatkan kita semua bahwa kebudayaan sesungguhnya adalah produk dari keuletan dan kerja keras perempuan. Oleh karenanya, festival semacam ini sangatlah penting untuk melibatkan perempuan, baik pada proses perencanaan, pelaksanaan, dan mengawal jalannya festival ini," ujarnya.

Bintang Puspayoga berharap Festival Mooncake ini terus dilestarikan dan dapat menjadi kegembiraan bersama.

"Semoga pelaksanaan Festival Mooncake hari ini dapat menjadi kegembiraan bersama, dan harus dirasakan manfaatnya bersama-sama. Adanya peran penuh perempuan, saya yakin bahwa festival ini akan berkembang, mampu semakin menguatkan rasa persaudaraan, kekompakan, kerja sama dan gotong royong," tuturnya.

Baca juga: Menteri PPPA dorong kemajuan budaya di kancah dunia lewat kebaya
Baca juga: Menteri PPPA apresiasi museum Asmat lestarikan warisan budaya
Baca juga: Menteri PPPA: Optimalkan tumbuh kembang anak melalui seni budaya

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023