"Kami mengundang ada tujuh kerajaan, di antaranya dari Solo, Yogyakarta, Sumenep, Gowa, dan Cirebon. Mereka akan keluarkan koleksi batik mereka,"
Jakarta (ANTARA) - Proses geladi bersih acara peragaan busana Istana Berbatik dilaksanakan di depan Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu malam.

Acara Istana Berbatik ini akan diselenggarakan Minggu (1/10) besok pukul 19.00 WIB.

Berdasarkan pantauan di lokasi acara, para model yang akan tampil memeragakan busana batik, terus berlatih di atas panggung catwalk yang telah dipasangi lampu LED.

Selain itu para musisi yang akan tampil juga tampak berlatih secara langsung di atas panggung.

Pohon-pohon besar yang ada di depan Istana Merdeka tampak dihiasi lampu-lampu gantung hingga menambah indah suasana.

Sementara pengeras suara yang di pasang di sejumlah titik di lokasi acara dibalut dengan cat bermotif batik.

Diberitakan sebelumnya peragaan busana Istana Berbatik, yang akan diselenggarakan Minggu (1/10) akan menampilkan koleksi batik khas dari tujuh kerajaan di Nusantara yang mengusung konsep kemegahan Istana Merdeka Jakarta.

"Kami mengundang ada tujuh kerajaan, di antaranya dari Solo, Yogyakarta, Sumenep, Gowa, dan Cirebon. Mereka akan keluarkan koleksi batik mereka," kata Direktur Utama Jakarta Experience Board Landi Rizaldi di depan Istana Merdeka Jakarta, Jumat (29/9) malam.

Menurut Landi pagelaran yang dihelat oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) merupakan bagian dari Peringatan Hari Batik Nasional 2023 yang difokuskan di halaman Istana Merdeka Jakarta pada Minggu (1/10).

"Acara ini dibuat untuk memperingati Hari Batik yang jatuh tanggal 2 Oktober. Tapi karena itu jatuh hari Senin, kita majukan hari Minggunya," katanya.

Secara garis besar, kata Landi, kegiatan itu mengadopsi konsep street fashion sehingga dilaksanakan di halaman Istana Merdeka Jakarta.

"Kami ingin menampilkan kemegahan dari istana, sehingga banyak lampu-lampu dihiasi dan kita pakai LED untuk catwalk," ujarnya.

Selain menghadirkan model dari kalangan pejabat teras negara, penyelenggara juga melibatkan selebritas, penggiat sosial, dan olahragawan.

Selain peragaan busana, Istana Berbatik juga menghadirkan deretan seniman ibu kota untuk sesi hiburan. Mereka di antaranya penyanyi Sri Rossa Roslaina Handiyani, Fadli dari Padi Reborn, dan lainnya.



 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023