OKI menjadi prioritas dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pasalnya akibat kejadian itu asap dari wilayah OKI terbawa angin ke arah Kota Palembang
Palembang (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Selatan (Sumsel) kembali mengerahkan 100 personel tambahan untuk memadamkan karhutla di  Ogan Komering Ilir (OKI) Sumatera Selatan.
 
"Kita menyiapkan personel tambahan selama 10 hari ke depan mereka akan bertugas, untuk memperkuat 360 personel yang sudah ditugaskan terlebih dahulu," ujar Kapolda Sumsel, Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, Ahad (1/10/2023).
 
Ia menjelaskan, bahwa wilayah OKI menjadi prioritas dalam pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Pasalnya akibat kejadian itu asap dari wilayah OKI terbawa angin ke arah Kota Palembang.

Baca juga: BPBD OKU terjunkan tiga mobil tangki air padamkan karhutla
 
"Kita juga mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI, yang menyediakan 10 buah pompa air portabel, 50 gulung selang," katanya.
 
Kemudian ada juga masker dan kacamata anti asap (masing-masing 100 buah), dan uang makan personel dengan indeks Rp100 ribu per orang per hari selama 10 hari.
 
Untuk sasaran pemadaman terutama di laksanakan di daerah Jungkal, Tulung Selapan, Pampangan, Cengal dan Pedamaran. "Nantinya personel kita akan di bawah kendali Dandim, Kapolres OKI dan Kepala BPBD OKI," terangnya.
 
"Kami juga menginstruksikan kepada Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Harryo Sugihhartono agar mengerahkan 100 orang personelnya," katanya.

Baca juga: Wamen LHK bersama Wagub Kalteng tinjau karhutla di Pulang Pisau
 
Hal ini untuk membantu wilayah perbatasan dengan Ogan Ilir, dengan menyiapkan mobil damkar dan mobil tangki air dari Pemerintah Kota Palembang.
 
Ia menambahkan Bupati Ogan Ilir juga akan memberikan dukungan yang sama, berupa peralatan pompa air, selang pemadam kebakaran, masker dan kacamata anti asap, dan uang makan personel dengan indeks Rp100 rb per orang per hari, selama 10 hari.
 
Kapolres OKI dan Kapolres Ogan Ilir agar mengawal bantuan dari bupatinya masing-masing agar dipastikan sesuai jenis dan jumlah barang yang disediakan serta didistribusikan kepada pasukan yang bertugas
 
"Saya sedang mencari jalur ke Kementerian Sosial RI untuk dapatnya menyediakan tenda lapangan, field bed, dapur lapangan, obat-obatan, air minum dan kebutuhan lain yang akan mendukung pelaksanaan tugas anggota di Lapangan," tutup Alumni Akpol 93

Baca juga: BPBD Jatim terjunkan tim pemadam atasi karhutla Gunung Lawu

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023