Hong Kong (ANTARA) - Setelah absen selama lima tahun, pertunjukan kembang api Hari Nasional kembali menghiasi langit Hong Kong, yang memukau lebih dari 430.000 penonton yang berkumpul di kedua sisi Victoria Harbor dan begitu antusias menyaksikan tontonan spektakuler itu secara langsung.

"Kami mendengar bahwa pertunjukan kembang api akan kembali disuguhkan tahun ini, jadi kami memutuskan untuk datang ke Hong Kong pada liburan Hari Nasional," kata seorang pengunjung bernama Zhao.

Zhao, yang berasal dari Provinsi Fujian, China Tenggara, tiba bersama keluarganya di Pusat Kebudayaan Hong Kong pada pukul 16.00 guna mencari tempat terbaik untuk menikmati pertunjukan itu.

Di dekat pusat kebudayaan ikonik itu, banyak orang terlihat berfoto dengan bendera nasional China dan bendera Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong di tangan mereka.

Pada pukul 21.00, segmen pertama dari pertunjukan kembang api yang bertema "Together on National Day with Jubilant Fireworks" itu dimulai. Kembang api melesat tinggi ke udara, menyala berkilauan. Berbagai pola seperti bentuk hati, bintang merah, dan wajah tersenyum, terlihat di langit, mengundang decak kagum para penonton.
 
   Pada segmen kedua yang bertema "Hello Hong Kong, Happy Hong Kong", elemen wajah tersenyum dan bauhinia, bunga yang menjadi simbol Hong Kong, muncul, sedangkan segmen keenam yang bertema "Rooted in China, Advancing as One", menampilkan bintang-bintang merah bersudut lima yang diiringi oleh kombinasi warna-warni.   Kepala Eksekutif SAR Hong Kong John Lee mengatakan bahwa acara itu melambangkan kembalinya Hong Kong ke kondisi normal dan progres menuju masa depan yang lebih cerah setelah mengatasi berbagai tantangan.


Pertunjukan kembang api itu mencapai klimaksnya pada segmen terakhir yang bertema "Prospering Nation, Blessings for Hong Kong", dengan kembang api menyerupai bentuk mahkota dan palem, serta kembang api berwarna merah dan berkilau.

Sebanyak 31.888 proyektil kembang api ditembakkan dari tiga tongkang dan enam ponton dalam pertunjukan yang berlangsung selama sekitar 23 menit itu. Pertunjukan ini dapat dilihat dari berbagai sudut pandang di kedua sisi pelabuhan termasuk Tsim Sha Tsui, Mid-Levels, Central, Wan Chai, Causeway Bay, dan Hung Hom Bypass.

Tepuk tangan dan sorakan yang meriah terdengar dari kerumunan penonton saat pertunjukan berakhir, dengan langit yang dipenuhi kembang api menyinari wajah para penduduk dan wisatawan.
 
   Kepala Eksekutif SAR Hong Kong John Lee mengatakan bahwa acara itu melambangkan kembalinya Hong Kong ke kondisi normal dan progres menuju masa depan yang lebih cerah setelah mengatasi berbagai tantangan


Pertunjukan kembang api ini juga merupakan salah satu acara dalam kampanye Night Vibes Hong Kong. Saat kembang api berkilauan di atas pelabuhan tersebut, panduan untuk menonton yang tak terhitung jumlahnya muncul di media sosial, dan ekonomi malam Hong Kong pun mendapat dorongan kuat.

Direktur Eksekutif Asosiasi Pariwisata Hong Kong Timothy Chui mengatakan bahwa hotel-hotel dengan pemandangan Victoria Harbor menawarkan akomodasi bertema yang berpusat di seputar pertunjukan kembang api itu, dengan lebih dari 90 persen kamar dan restoran sudah dipesan.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023