Perusahaan memiliki peran strategis dalam mendukung diversifikasi sumber energi dan keberlanjutan di negara ini
Jakarta (ANTARA) - Anggota DPR RI Komisi VI Intan Fauzi menyebut PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) memiliki peran strategis dalam penyediaan energi bersih dan ramah lingkungan di Indonesia.

“Perusahaan memiliki peran strategis dalam mendukung diversifikasi sumber energi dan keberlanjutan di negara ini,” kata Intan dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Intan menyoroti fokus perusahaan yang menekankan pada pengembangan, eksplorasi, dan produksi energi panas bumi di Indonesia.

PGEO memiliki kapasitas terpasang secara own operation sebanyak 672 MW, dan 1205 MW dari Joint Operation Contract (JOC) yang berasal dari 15 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) yang terbagi ke dalam 6 area operasi.

Adapun secara keseluruhan, area operasi perusahaan mencakup 13 wilayah kerja, yaitu Kamojang, Karaha, Lahendong, Gunung Sibualu-Buali, Gunung Sibayak-Sinabung, Sungai Penuh, Hululais.

Kemudian, Lumut Balai & Margabayur, Way Panas, Pangalengan, Cibereum-Parabakti, Tabanan dan Seulawah.

Selain itu, PGEO memiliki portofolio proyek yang luas dan beragam. Perusahaan juga menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah, lembaga penelitian, universitas, dan mitra industri untuk mendorong inovasi dan pengembangan industri energi panas bumi yang lebih kokoh.

Bersamaan dengan itu, perusahaan berinvestasi pada teknologi energi panas bumi untuk meningkatkan efisiensi operasional dan produktivitas. Hal itu bertujuan untuk mengoptimalkan proses ekstraksi panas bumi dan mendorong kemajuan industri.

Di samping teknologi, perusahaan juga menyediakan program pendidikan dan pelatihan untuk mengembangkan tenaga kerja yang terampil dan terlatih di bidang energi panas bumi.

Subholding Pertamina NRE itu juga memperhatikan aspek lingkungan dan sosial, yang terlihat pada upaya perusahaan untuk melibatkan komunitas lokal, melestarikan lingkungan, serta mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya alam secara bertanggung jawab.

Dengan berbagai kondisi tersebut, Intan menilai PGEO memiliki sumber daya yang memadai untuk mengoptimalkan perannya dalam penyediaan energi bersih dan ramah lingkungan di dalam negeri.

Baca juga: Anggota DPR harap PGE jadi motor penggerak transformasi energi bersih
Baca juga: Anggota DPR RI mensosialisasikan peran Pertamina Geothermal Energy


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023