Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) 
Tuhiyat mengungkapkan jumlah penumpang di rute Bundaran HI-Lebak Bulus mencapai lebih dari 105 juta orang sejak beroperasi pada Minggu (24/3/2019) hingga Kamis (28/9).

"Di hadapan Presiden, saya menyampaikan perkembangan operasional fase 1 seperti jumlah penumpang yang telah mencapai lebih dari 105 juta orang sejak beroperasi pada 24 Maret 2019 hingga 28 September 2023," kata Tuhiyat di Jakarta, Senin.

Tuhiyat juga menyampaikan hal itu dalam penjelasan kepada Presiden Joko Widodo di "HUB Space 2023" yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Pada operasionalnya, kata dia, konsistensi MRT Jakarta menjaga ketepatan waktu hingga 99,9 persen. Sedangkan pembiayaan konstruksi proyek untuk fase 1 rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Lebak Bulus membutuhkan sekitar Rp16 triliun.

Baca juga: Pemprov DKI subsidi MRT dan TransJakarta Rp4,3 triliun per tahun

Selain itu, disampaikan juga perkembangan pembangunan fase 2A yang secara total telah mencapai 26,62 persen.

Pembangunan Fase 2A MRT Jakarta terdiri dari dua tahap. Fase 2A meliputi jalur sepanjang sekitar 5,8 kilometer dengan enam stasiun bawah tanah, yakni Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar serta Glodok.

Selain itu, satu stasiun "at grade" (Kota) berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 1728 Tahun 2018 tentang Penetapan Lokasi untuk Pembangunan Jalur MRT Koridor HI-Kota.

Dia juga menjelaskan, rencana pembangunan fase 3 Cikarang-Balaraja yang mulai dibangun pada Agustus 2024.

"Saya laporkan rencana pembangunan fase 3 Cikarang-Balaraja yang melewati Jakarta bahwa dari 84 kilometer jalur East West Line tersebut, kawasan Medan Satria-Tomang sepanjang sekitar 24 kilometer akan dibangun terlebih dahulu,” katanya.

Baca juga: DKI kaji usulan peleburan MRT dan LRT untuk fokus pengembangan bisnis

Manajemen MRT Jakarta mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang terus memberikan dukungan terhadap pembangunan dan integrasi seluruh moda transportasi publik, termasuk MRT Jakarta.

"Sebagai penyedia layanan transportasi publik, sudah menjadi tanggung jawab kami untuk terus memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya penggunaan transportasi umum dalam mobilitas sehari-hari,” katanya.

MRT Jakarta hadir di "HUB Space 2023' yang berlangsung sejak Jumat (29/9) hingga Minggu (1/10) di JCC, Jakarta.

Beragam aktivasi dihadirkan seperti merchandise resmi MRT Jakarta, mesin pencapit boneka (gim claw machine) berhadiah maskot MRT Jakarta, video konstruksi fase 2A, beragam infografik terkait edukasi publik hingga kehadiran sejumlah komika yang menghibur pengunjung.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023