Jakarta (ANTARA) - Pameran arsitektur bertajuk “Exposisi Reinvent Jakarta” hadir di Pos Bloc Jakarta 1 hingga 7 Oktober 2023 menampilkan solusi dan diskusi tentang arsitektur hijau dalam berbagai aplikasi.

“Exposisi Reinvent Jakarta” menghadirkan solusi bagi tantangan di masa mendatang, mulai dari infrastruktur, bangunan penunjang ruang publik, transportasi, hingga perumahan.

“Kami bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk sesegera mungkin melakukan perubahan,” kata Edgar Honggo, Direktur SenyuMuseum, pihak yang menginisiasi pameran ini bersama Tanamtumbuh, dalam siaran pers, Senin.

Baca juga: Mahasiswa arsitektur UI sabet penghargaan internasional dari Las Vegas

Gelaran tersebut juga mengajak pengunjung yang datang untuk terlibat secara langsung dalam diskusi melalui lokakarya, gelar wicara, sesi panel, dan diskusi terbuka antar universitas. Selain itu, pengunjung juga akan diajak untuk menjelajahi kawasan Pasar Baru tempat pameran berlangsung untuk menilik lebih dekat pandangan arsitektur dalam sudut pandang hijau.

Selama 7 hari, akan ada 20 program acara, 24 pembicara, 4 pertunjukan untuk bersama-sama mengajak pengunjung menjadikan wajah Jakarta menjadi lebih baik di masa mendatang.

Saat hari pembukaan pameran berlangsung pada Minggu (1/10) kemarin, sejumlah rangkaian acara telah dilaksanakan, yakni aksi menyuarakan kepedulian melalui petisi A.S.A.P Jakarta dan penyampaian surat terbuka dari Indonesia Young Museum Professional Forum kepada Presiden. Surat tersebut berisikan kegundahan mereka terhadap daruratnya revitalisasi museum di Indonesia.

Selain itu, di hari kedua hingga 5 Oktober 2023 nanti akan ada ragam aktivitas di pameran “Exposisi Reinvent Jakarta”, yaitu gelar wicara bersama para ahli seputar arsitektur hijau hingga kelas yoga bersama oleh Amanda Tasning.

Di hari terakhir pameran berlangsung, akan ada kegiatan “Bike Tour” bersama OTHER SIDE Experience dan sejumlah acara gelar wicara lainnya bersama narasumber ahli.

Beberapa dokumentasi seputar arsitektur Jakarta masa kini juga telah dibagikan melalui unggahan Instagram Tanamtumbuh untuk melihat solusi yang dapat dilakukan di masa mendatang.

Baca juga: IAI dorong perguruan tinggi lahirkan arsitek berkualitas

Baca juga: Keunikan arsitektur Masjid Al Baitul Amien Jember mirip Gedung MPR DPR

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2023