Jakarta (ANTARA) - Sebanyak enam wakil Indonesia di cabang bulu tangkis siap memperebutkan tempat di babak 16 besar nomor perseorangan pada Asian Games 2022 Hangzhou, China, Selasa.

Pertandingan pertama di Binjiang Gymnasium akan dibuka oleh penampilan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting berhadapan dengan wakil Taiwan Wang Tzu Wei.

Jika melihat di atas kertas, Ginting lebih diunggulkan dibanding Wang. Ginting merupakan tunggal putra terbaik kedua di dunia, sementara Wang kini di peringkat 25 dan Ginting unggul 7-2 atas Wang secara head to head sejauh ini. Mereka terakhir bertemu di Malaysia Masters 2023 dengan kemenangan Ginting 21-14, 21-16.

Tunggal putra lainnya, Jonatan Christie, akan berusaha melanjutkan tradisi "kemenangan beruntun di Asian Games" seperti yang sudah ditorehkan oleh Taufik Hidayat (2002 dan 2006). Jonatan memenangkan gelar juara Asian Games 2018 di Istora Senayan Jakarta.

Di babak pertama edisi kali ini, Jonatan akan bertemu dengan wakil Taiwan lainnya Chou Tien Chen. Berdasarkan statistik, Jonatan secara head to head unggul 8-4 atas Chou.

Pertemuan terakhir mereka adalah di India Open 2023 dengan Jonatan menang melalui rubber game 21-15, 13-21, 22-20.

Baca juga: Rehan/Lisa: Seharusnya kami bisa tampil lebih lepas

Beralih ke tunggal putri, Indonesia diwakilkan oleh Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani. Gregoria akan berhadapan dengan wakil India Ashmita Chaliha. Sementara Putri akan bertemu dengan wakil Hong Kong Liang Ka Wing.

Lebih lanjut, ada dua pasangan ganda putri yang mewakili Indonesia hari ini, yaitu Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Sama seperti Putri, Apri/Fadia juga akan bertemu dengan wakil Hong Kong, yaitu Lui Lok Lok/Ng Wing Yung di babak 32 besar. Sementara Ana/Tiwi akan berjumpa dengan pasangan Nepal yakni Rasila Maharjan/Anu Maya Rai pada babak pertama nomor perseorangan ini.

Baca juga: Rinov/Pitha bersiap hadapi Yuta/Arisa di 16 besar Asian Games Hangzhou
Baca juga: Rinov/Pitha maju ke 16 besar nomor perseorangan Asian Games Hangzhou

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023