Washington (ANTARA) - Sekelompok senator AS, termasuk Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, berencana mengunjungi China pekan depan untuk bertemu dengan Presiden China Xi Jinping, kata Senator Mike Crapo dari Partai Republik pada Senin (2/10).

Schumer bulan lalu mengatakan berencana melawat ke China, Korea Selatan dan Jepang, dipimpin oleh Crapo. Kedutaan Besar China di Washington menolak mengomentari hal itu.

Tujuan kunjungan

Beberapa senator sangat ingin meningkatkan penglibatan China dan mengatasi masalah bisnis antara China dan Amerika Serikat.

Semakin banyak perusahaan AS yang mengungkapkan kekecewaannya menyangkut operasi usahanya di China, kata Menteri Perdagangan Gina Raimondo baru-baru ini.

Baca juga: AS tuduh China manipulasi media global

"Bagi dunia usaha AS, dalam banyak kasus, kesabaran sudah mulai menipis dan inilah waktunya untuk mengambil tindakan," katanya.

Konteks kunjungan

Komunikasi antara pemerintah  AS dan China meningkat dalam beberapa bulan terakhir sehingga membawa perbaikan dalam hubungan yang tegang selama bertahun-tahun karena isu-isu seperti Taiwan, asal muasal COVID-19, dan tuduhan mata-mata China.

Pemerintahan Biden membatasi ekspor cip ke China, dengan alasan menutup akses masuk Beijing kepada teknologi canggih yang dapat meningkatkan kemajuan militer China atau pelanggaran hak asasi manusia.

Sebaliknya, China membalas dengan tudingan AS telah mengenakan pemaksaan  ekonomi.

Baca juga: Diplomat senior AS-China bahas berbagai isu global di Washington


Sumber: Reuters

Penerjemah: M Razi Rahman
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023