Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Yuke Yurike meminta Perusahaan Umum Daerah Air Minum Jaya (PAM Jaya) mengebut proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Jatiluhur I untuk memenuhi ketersediaan pasokan air bersih di DKI Jakarta.

"PAM Jaya harus segera mengebut pemasangan Pipa SPAM Jatiluhur," kata Yuke saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Yuke menegaskan, pengadaan proyek dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ini mampu memenuhi 15 persen kebutuhan air bersih di Jakarta.

Dia juga meminta PAM Jaya untuk meningkatkan pendistribusian air bersih ke lokasi-lokasi yang mengalami kekeringan seperti di Jakarta Utara maupun Jakarta Barat.

Baca juga: Kementerian PUPR targetkan proyek SPAM Jatiluhur I selesai tahun depan

Dengan harapan pendistribusian air bersih seperti di kawasan terpencil bisa terjangkau terlebih selama musim kemarau.

Selain itu, adanya bantuan mobil tangki air juga diperlukan sebagai langkah cepat dalam mengatasi kurangnya ketersediaan air bersih di Ibu Kota. "Mobil-mobil tangki air harus dikirim ke tempat tersebut secara berkala," katanya.

Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Justin Adrian mengemukakan, Pemerintah Provinsi DKI seharusnya bertindak secara terencana bukan karena insiden.

Menurut dia, pipanisasi air bersih sampai saat ini belum tersalurkan dengan baik dan tidak ada penambahan signifikan dari pihak terkait.

"Masalahnya 60 persen dari pipanisasi yang sudah adapun, itu diduga 40 persennya itu bocor, disodet-sodet," katanya.

Baca juga: Kemen-PUPR targetkan SPAM Jatiluhur I beroperasi mulai Oktober 2024

Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Jaya (PAM Jaya) menargetkan proyek SPAM Jatiluhur I dari Kementerian PUPR untuk menyediakan 19.000 Sambungan Rumah (SR) di Jakarta yang setara 83.200 jiwa dapat rampung pada tahun 2024.

"Tahun ini targetnya 9.000 sambungan rumah dahulu, lalu tahun depan 10.000, jadi tahun depan sampai dengan bulan Juli target kami adalah 19.000 sambungan rumah," kata Direktur Pelayanan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Jaya (PAM Jaya) Syahrul Hasan.

Proyek SPAM Jatiluhur I merupakan salah satu upaya mencapai 100 persen ketersediaan air bersih di DKI Jakarta secara efektif dan efisien. Proyek tersebut berkapasitas 4.000 liter per detik dengan capaian 300.000 sambungan rumah.
Baca juga: PAM Jaya targetkan proyek SPAM Jatiluhur I capai 19.000 SR pada 2024

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023