Jakarta (ANTARA) - Ibu Negara Iriana Joko Widodo bersama sejumlah anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) bertolak menuju Jawa Barat, Selasa, menggunakan Kereta Cepat WHOOSH.

Tiba di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Iriana dan rombongan kemudian menuju lantai 2 untuk menempelkan kartu di portal masuk lalu dilanjutkan naik ke peron di lantai 3, berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta.

Iriana dan para anggota OASE KIM duduk bersama di gerbong pertama kereta dengan nomor perjalanan G2001 tujuan Stasiun Halim hingga Stasiun Tegalluar, Bandung.

WHOOSH merupakan singkatan dari "Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat" yang merepresentasikan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 30 menit, Iriana dan rombongan tiba di Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Baca juga: KCIC: Masyarakat dapat naik kereta cepat secara gratis mulai 3 Oktober

Kedatangan Iriana dan para anggota OASE KIM di Stasiun Padalarang tampak disambut alunan musik tradisional angklung dari Saung Mang Udjo. Kemudian Ibu Iriana dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Stasiun Bandung, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, dengan menggunakan kereta api pengumpan atau feeder.

Setibanya di Stasiun Bandung,Iriana dan sejumlah anggota OASE KIM disambut Tari Merak yang dibawakan oleh para pelajar SD Yayasan Wanita Kereta Api. Iriana dan rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kota Bandung dengan menggunakan kendaraan mobil, untuk melakukan kegiatan kunjungan kerja lainnya.

Kereta cepat WHOOSH telah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (2/10) sebagai layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

WHOOSH memiliki kecepatan operasional hingga 350 km/jam yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat, dengan Halim di Jakarta Timur.

Baca juga: Ketua MPR apresiasi KCJB "Whoosh" keberhasilan pemerintahan Jokowi

Dengan headway 20-30 menit, WHOOSH menyediakan banyak pilihan waktu perjalanan sehingga jarak Jakarta-Bandung akan ditempuh dalam waktu 36 hingga 44 menit.

Presiden Jokowi mengatakan kehadiran Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH menandai modernisasi transportasi massal di Tanah Air.

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung menandai modernisasi transportasi massal kita yang efisien, yang ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya maupun terintegrasi dengan TOD, transit oritented development," kata Jokowi saat peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung WHOOSH, Senin (2/10).

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023