Jakarta (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyiapkan 55.000 paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat khususnya di Jakarta saat acara puncak peringatan HUT Ke-78 TNI pada 5 Oktober 2023.

Asisten Personel (Aspers) Panglima TNI Marsekal Muda (Marsda) TNI Arif Widianto saat ditemui pada sela-sela gladi bersih Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI di Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Selasa, menyebut paket sembako itu dibagikan pada beberapa titik di sepanjang Jalan Thamrin sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI).

“Sepanjang (jalan dari Monas menuju) HI nanti juga akan ada pembagian sembako pada masyarakat sejumlah 55.000 (paket),” kata Aspers Panglima TNI.

Dia mengatakan paket sembako itu mulai dibagikan kepada masyarakat setelah rangkaian upacara di Monas berakhir yaitu mulai sekitar pukul 12.30 WIB.

Baca juga: Parade alutsista HUT Ke-78 TNI bergerak dari Monas sampai Bundaran HI

Bagi-bagi sembako merupakan salah satu kegiatan bakti sosial TNI yang merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-78 TNI.

Tidak hanya bagi-bagi sembako, TNI juga menggelar berbagai kegiatan sosial sejak 24 September 2023 misalnya seperti operasi mata katarak gratis, sunat massal, donor darah.

Sementara itu, puncak peringatan HUT Ke-78 TNI digelar di Kompleks Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (5/10). Rangkaian upacara dimulai sejak pukul 06.30 WIB dan dijadwalkan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB.

Walaupun demikian, selepas upacara, ada sejumlah acara hiburan musik dari band-band masing-masing matra TNI, kemudian ada penyanyi Derfira Indra, Doel Sumbang, Slank, Lala Windy dan Meggy Giaz. Acara musik dan hiburan itu dijadwalkan berlangsung sampai pukul 22.00 WIB.

Untuk Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI, Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin dijadwalkan hadir di Monas. Sejumlah atraksi dan parade dipersiapkan oleh TNI untuk para tamu undangan dan masyarakat selama perayaan HUT berlangsung.

Beberapa atraksi yang ditampilkan saat upacara, di antaranya aksi terjun payung (free fall) oleh 78 prajurit TNI dan anggota Polri, kemudian diikuti dengan penampilan akrobatik tim penerbang tiga matra, termasuk Jupiter Aerobatic Team (JAT) dan Dynamic Pegasus TNI Angkatan Udara.

Beberapa alutsista udara yang ditampilkan saat atraksi flypast, di antaranya tiga unit Hercules baru TNI Angkatan Udara, yaitu C-130 J Super Hercules yang seluruhnya didatangkan dari Amerika Serikat pada 2023. Tiga unit Super Hercules itu tampil bersama tujuh helikopter tipe Hercules lainnya dari tiga matra dalam atraksi flypast di atas Monas.

Pesawat lainnya yang flypast di atas langit Monas, antara lain pesawat latih G-36 Bonanza TNI AL, pesawat angkut CN-235 dan CN-295, pesawat tempur T50i Golden Eagle, enam unit pesawat latih KT-1B Wong Bee, empat unit helikopter ringan bermesin tunggal EC-120B Colibri, dan tujuh unit pesawat tempur F-16 TNI AU.

Tim penerbang Jupiter Aerobatic Team TNI AU yang mengawaki KT-1B Wong Bee dan Tim Dynamic Pegasus TNI AU yang menerbangkan Helikopter Colibri bakal menampilkan aksi teatrikal saat Upacara Parade di Monas.

Penerbang JAT bermanuver membentuk gambar hati, sementara Tim Dynamic Pegasus terbang rendah mengelilingi Monumen Nasional sembari mengikuti irama musik dari atas panggung. Kemudian, penerbang pesawat tempur F-16 juga bakal menampilkan atraksi “bomb burst” dan “high speed pass” saat HUT Ke-78 TNI.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan Defile pasukan yang dipimpin langsung oleh Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksamana Muda TNI Edwin.

Pasukan yang dikerahkan saat Defile, yaitu satu batalyon drum band gabungan dari akademi TNI, kelompok panji-panji, satu brigade gabungan (satu batalyon polisi militer, satu batalyon prajurit wanita TNI, dan satu batalyon taruna akademi TNI), satu brigade prajurit TNI, satu brigade prajurit TNI AD, satu brigade prajurit TNI AL, satu brigade prajurit TNI AU, satu batalyon gabungan komponen cadangan dan komponen pendukung, dan satu kompi pasukan teatrikal.

Baca juga: TNI siapkan parade alutsista dan pasukan untuk HUT Ke-78 di Monas
Baca juga: Aslog TNI AL: Industri kapal dalam negeri miliki kemampuan mumpuni

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023