Salah satu bentuk kepeduliannya adalah lewat baksos ini
Jakarta (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan bakti sosial dengan membagi-bagikan paket sembako kepada warga yang hadir di Monumen Nasional (Monas) dalam rangka HUT ke-78 TNI.

"Pembagian sembako ini dilaksanakan agar warga juga bisa turut merayakan dan menikmati di Hari Ulang Tahun TNI ini," kata Perwira Pembantu Madya 3 Baksos Ster Mabes TNI Letnan Kolonel (Letkol) ADM Ichsanuddin Isma di Monas, Jakarta, Kamis.

Terdapat beberapa tenda yang didirikan sebagai tempat pembagian sembako, salah satunya Tenda 1 dari Komando Distrik Militer 0501/Jakarta Pusat yang berada di bagian barat Monas. Paket sembako yang diberikan berisi beras seberat lima kilogram, teh, dua bungkus gula, mie kuning, dan minyak goreng.
 
Letkol Ichsan mengatakan semua sembako tersebut berasal terpusat dari Mabes TNI. Hanya warga yang memiliki kupon yang bisa menerima paket sembako.

"Menggunakan kupon agar tidak chaos (kacau) dan tidak ada keributan. Agar bisa kita kontrol," kata dia.

Letkol Ichsan berharap pelaksanaan pemberian bahan pokok ini dapat membantu kehidupan warga.

"Kami punya delapan wajib TNI, salah satunya yang ke-8 mengatasi kesulitan masyarakat. Salah satu bentuk kepeduliannya adalah lewat baksos ini," katanya.

Sejumlah warga dari berbagai kelurahan di Jakarta Pusat, di antaranya dari Senen, Johar, Cikini, dan Menteng, telah datang ke kawasan Monas sejak pukul 07.00 WIB.

Salah seorang warga yang menerima paket sembako adalah Ningsih yang datang dari Kelurahan Cikini bersama dengan putranya.

"Datang ke sini dengan anak saya. Saya senang bisa dapat sembako untuk masak di rumah. Semoga TNI semakin jaya," katanya.

Bagi-bagi sembako merupakan salah satu kegiatan bakti sosial TNI yang merupakan rangkaian peringatan HUT Ke-78 TNI. Kodim dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) membagikan sembako kepada warga pada beberapa titik di dalam kawasan Monas, sepanjang Jalan Thamrin sampai Bundaran Hotel Indonesia (HI).
 
Tidak hanya bagi-bagi sembako, TNI juga menggelar berbagai kegiatan sosial sejak 24 September 2023 misalnya seperti operasi mata katarak gratis, sunat massal, donor darah.

Sementara itu, puncak peringatan HUT Ke-78 TNI digelar di Kompleks Monumen Nasional pada Kamis. Rangkaian upacara telah dimulai sejak pukul 06.30 WIB dan dijadwalkan berakhir sekitar pukul 12.00 WIB.

Selepas upacara, ada sejumlah acara hiburan musik dari band-band masing-masing matra TNI, kemudian ada penyanyi Derfira Indra, Doel Sumbang, Slank, Lala Windy dan Meggy Giaz. Acara musik dan hiburan itu dijadwalkan berlangsung sampai pukul 22.00 WIB.

Baca juga: Presiden: Belanja alutsista harus berdasarkan skala prioritas

Baca juga: Panglima Yudo Margono: TNI jadi garda terakhir NKRI selama 78 tahun

Baca juga: PT KAI rekayasa operasional KAJJ di Stasiun Gambir saat HUT TNI

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023