Para pedagang di kawasan tersebut hampir separuh sudah beralih dari minyak tanah menggunakan LPG
Ambon (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga mengajak pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kota Ambon untuk beralih dari minyak tanah menggunakan Liquified Petroleum Gas (LPG) Non Subsidi bahan bakar ramah lingkungan.

"UMKM khususnya pedagang kuliner kita ajak beralih menggunakan elpiji non subsidi, karena telah dilengkapi teknologi yang lebih canggih sehingga akan lebih aman dan nyaman saat menggunakan," Kata Sales Manajer PT Pertamina Patra Niaga Cabang Ambon Wahyu Purwatmo, di Ambon, Selasa.

Ia mengatakan, kerja sama telah dilakukan dengan pelaku UMKM yakni pedagang kuliner malam di Jl Yos Sudarso Ambon.

"Para pedagang di kawasan tersebut hampir separuh sudah beralih dari minyak tanah menggunakan LPG, " katanya.

Ia menyatakan, berbagai upaya dilakukan Pertamina untuk menjawab keresahan masyarakat di Kota Ambon dan Maluku pada umumnya, yang belum terbiasa menggunakan LPG.

"Mereka selama ini terbiasa menggunakan minyak tanah, kebanyakan mereka resah takut kebakaran, takut kompor meledak dan lainnya," katanya.

Pertamina kata Wahyu, berupaya membantu masyarakat dengan layanan antar pasang (ant-man), untuk membantu konsumen bright gas mudah beralih dari minyak tanah menggunakan elpiji dengan layanan antar dan pasang.

"Layanan ini konsumen hanya cukup menunggu petugas datang, pasang selanjutnya tinggal menggunakan Elpiji bright Gas memiliki teknologi double spindle dan valve system sehingga lebih aman dalam penggunaan," ujarnya.

Dijelaskannya, kerjasama juga dilakukan dengan berbagai instansi dengan sasaran utama adalah ASN, yakni kerjasama dengan Pemerintah Kota ( Pemkot) Ambon.

Pertamina saat ini juga memberikan promosi paket kompor, regulator dan tabung bright gas 5,5 kg senilai Rp500 ribu.

"Hanya membayar Rp500 ribu konsumen sudah bisa mendapatkan kompor 1 tunggu kemudian selang regulator dan juga tabung 5,5 kg, bonus diantar dan dipasang petugas," katanya.

Baca juga: Dukung udara bersih, Pertamina luncurkan Program Langit Biru di Ambon
Baca juga: Ahok bahas pelayanan publik dengan pejabat dan ASN Kota Ambon

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023