Kupang (ANTARA) -
Tim SAR Gabungan memperluas wilayah pencarian bagi warga negara asing (WNA) asal China yang hilang saat berwisata di Long Pink Beach, Taman Nasional Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).
 
"Pencarian hari ini di permukaan laut Long Pink Beach sejauh tiga nautical mile dan pencarian di darat sejauh dua kilo meter dari lokasi kejadian," kata Kepala Kantor Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan selaku SAR Mission Coordinator dalam keterangan resmi dari Maumere, Kabupaten Sikka, Rabu.
 
Seorang wisatawan mancanegara bernama Yi Liu (27) hilang sejak Selasa (3/10) pukul 10.00 Wita saat berwisata di sekitar Long Pink Beach.
 
Wisatawan itu tidak ditemukan di atas kapal usai rombongan wisatawan naik kembali ke kapal wisata.
 
Dalam rekaman video terakhir, terlihat Yi Liu berjalan menggunakan pakaian snorkeling di bibir pantai tersebut.
 
Tim SAR Gabungan terdiri dari Pos SAR Manggarai Barat, Ditpolairud Polda NTT, Lanal Labuan Bajo, KSOP Labuan Bajo, Polres Manggarai Barat, dan nelayan di sekitar lokasi.
 
Tim SAR telah melakukan pencarian sejak laporan diterima, Selasa sore hingga hari kedua Rabu.
 
Pada pencarian hari pertama, Tim SAR Gabungan melakukan pencarian baik di laut maupun menyisir sabana yang ada di sekitar pantai untuk memastikan keberadaan korban.
 
"Operasi pencarian korban dilaksanakan dengan dua Tim SAR Rescue Unit (SRU) yaitu Tim SRU I di laut dan TIM SRU II pencarian di darat," kata dia.

Baca juga: Tim SAR gabungan evakuasi 37 wisatawan kapal kandas di Labuan Bajo

Baca juga: Tim SAR evakuasi WNA Australia yang terluka saat berlayar di Ende NTT

Baca juga: Tim SAR Gabungan evakuasi 13 penumpang kecelakaan kapal di Labuan Bajo

 

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023