Mensos "sidak" gubuk warga di pinggir rel KA

Mensos "sidak" gubuk warga di pinggir rel KA

Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri (ANTARA/Prasetyo Utomo)

Kalau di sini tumbuh kembang anak tidak sehat, begitu juga sekolahnya,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri melakukan inspeksi mendadak ke gubuk warga di pinggir rel kereta api kawasan Jati Bunder, Pejompongan, Jakarta Pusat, Minggu malam.

Kedatangan Mensos untuk melihat langsung kondisi warga terutama anak-anak yang tinggal di kawasan kumuh tersebut.

Mensos menyatakan prihatin dengan kondisi anak-anak yang terpaksa tidur di gubuk beralaskan karpet plastik yang hanya ditutup terpal.

Selain itu, ia khawatir dengan keselamatan anak-anak, sebab setiap saat kereta api melintasi rel sementara tidak ada pagar pembatas.

"Kalau di sini tumbuh kembang anak tidak sehat, begitu juga sekolahnya," kata Mensos yang berbincang santai dengan pemilik gubuk, Nisa (36).

Selain melihat kondisi warga setempat, Mensos juga ingin mengecek langsung bantuan Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA).

"Tadi saya tanya mereka banyak yang punya buku tabungan juga senanglah, tapi yang membuat saya tidak senang itu tumbuh kembang anak-anak di sini tidak sehat," ujar Mensos.

Mensos menawarkan agar mereka kembali ke kampung halaman masing-masing, namun penawaran tersebut tidak boleh dengan paksaan.

"Saya memerintahkan pekerja sosial untuk berdialog dengan masyarakat, dan pemerintah daerah, juga untuk mencari solusi terbaik," kata Mensos. (D016/M008)

Pewarta:
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar