Madrid (ANTARA News) - Juara Liga Spanyol Barcelona melangkah lebih dekat untuk menyamai rekor Real Madrid meraih poin 100 di liga, berkat kemenangan 2-1 atas Real Valladolid, yang menjadi pendahuluan untuk pesta perayaan gelar di Nou Camp pada Minggu.

Pasukan Tito Vilanova memastikan mahkota liga keempat dari lima tahun pada akhir pekan silam, namun mereka masih berpeluang untuk menyamai rekor yang ditorehkan tim asuhan Jose Mourinho musim lalu.

Gol yang dikemas Pedro pada menit ke-21 dan gol bunuh diri dari pemain Valladolid Marc Valiente sebelum turun minum memastikan kemenangan tuan rumah, pada kondisi yang dingin dan basah di mana stadion hanya terisi dua pertiganya saja.

Valladolid memperkecil ketinggalan melalui eksekusi penalti Victor Perez pada akhir pertandingan.

Barca kini mengoleksi nilai 94 dengan dua pertandingan tersisa, bertandang ke markas pesaing sekota Espanyol pada akhir pekan mendatang dan menjamu Malaga pada 1 Juni.

Rayo Vallecano tetap mengincar tiket Liga Europa melalui kemenangan 3-2 atas tuan rumah Levante yang membawa mereka ke peringkat kedelapan dengan 49 angka.

Kapten Piti mencetak dua gol, gol keduanya dibukukan dari titik penalti, untuk membuat ia telah mencatatkan 17 gol pada musim ini.

Pada bagian bawah klasemen, Deportivo La Coruna mendongkrak harapan mereka untuk menghindari degradasi dengan kemenangan 2-0 atas tamunya Espanyol, yang membuat mereka menjauhi tiga posisi terbawah dan sekarang menduduki peringkat ke-17.

Tembakan jarak jauh Bruno Gama mengarah ke tiang jauh pada menit ke-50, dan pemain senegara Portugalnya Nelson Oliveira mencungkil bola untuk memperbesar keunggulan timnya.

Kini Deportivo mengoleksi 35 angka dengan dua pertandingan tersisa untuk dimainkan, unggul satu angka atas Real Zaragoza, yang turun ke peringkat ke-18, setelah menelan kekalahan 1-2 dari tamunya Athletic Bilbao.

Penyerang Portugal Helder Postiga membawa Zaragoza unggul terlebih dahulu melalui sundulanya, namun setelah menyia-nyiakan sejumlah peluang mereka kemasukan dua gol pada sepuluh menit terakhir.

Fernando Llorente menyamakan kedudukan dan pada masa tambahan waktu Ibai Gomez mencetak gol melalui sepakan tumit.

Zaragoza masuk zona degradasi dengan 34 angka, dan Celta Vigo berada di peringkat ke-19 dengan 31 angka.

Tim juru kunci Real Mallorca, dengan 29 angka, memainkan pertandingan mereka di markas Real Betis pada Senin, dan memerlukan setidaknya hasil imbang untuk menghindari degradasi karena catatan perteman mereka dengan Deportivo tidak menguntungkan mereka, demikian Reuters melaporkan.

(SYS/H-RF/I015)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013