Palembang (ANTARA) -
 
Manggala Agni melakukan pemeriksaan kesehatan dan memberikan bioplacenton untuk mengantisipasi luka bakar pada personel pemadam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.
 
Kepala Manggala Agni Daops Sumatera XVII/OKI Edi Satriawan saat dikonfirmasi, Rabu, mengatakan selain gangguan pernapasan yang sering dialami personel ketika beroperasi, luka bakar juga menjadi salah satu hambatan bagi personel Manggala Agni.

Baca juga: Manggala Agni upayakan pemadaman karhutla di Sumatera Selatan
 
"Bioplacenton ini biasa digunakan untuk mengobati luka bakar, luka dengan infeksi, serta jenis luka yang lain," kata Edi.
 
Ia menambahkan, pengecekan kesehatan bagi anggota Manggala Agni yang sedang melakukan pemadaman dilakukan seminggu sekali. Namun, antisipasi dari cedera atau yang mengganggu kesehatan personel dilakukan setiap hari.

Baca juga: Manggala Agni Muara Teweh buat desinfektan herbal dari bambu
 
"Pemeriksaan kami lakukan seminggu sekali, namun untuk layanan kesehatan kami siapkan setiap hari, apabila ada personel yang mengalami keluhan kesehatan langsung kita lakukan perawatan," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa selain dilakukan pemeriksaan kesehatan dan diberi bioplacenton para personel juga dibekali dengan suplemen dan obat untuk menjaga daya tahan tubuh serta alat pelindung diri (APD) yang memadai untuk menjaga kesehatan serta antisipasi dari luka bakar.

Baca juga: 15 hektare lahan di Ogan Ilir Sumsel terbakar

Kegiatan pemeriksaan kesehatan tersebut juga mendapat dukungan dari Pertamina sebagai pelaksana.
 
"Kami berharap melalui pemeriksaan kesehatan ini mampu menjaga kesehatan seluruh personel dalam mengatasi karhutla," katanya.
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023