Jakarta (ANTARA) - Perusahaan kimia produsen biji plastik PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri) berkomitmen memberikan edukasi pada masyarakat mengenai cara mengoptimalkan penggunaan kemasan plastik agar dapat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari.

“Chandra asri sebagai produsen biji plastik bertanggung jawab melakukan edukasi ke masyarakat cara mengoptimalkan packaging terutama pada makanan dengan plastik dan menghindari bahaya untuk makan yg penting aman dan kualitas nya bagus,” ucap Head of Corporate Communications Chandra Asri Chrysanthi Tarigan dalam acara Cooking Class bersama Chandra Asri di Jakarta, Rabu.

Sebagai mitra pertumbuhan bagi Indonesia, Chandra Asri senantiasa berupaya menghasilkan produk yang bernilai tinggi dan bermanfaat bagi masyarakat. Pihaknya juga ingin mengedukasi Masyarakat bahwa penggunaan kemasan plastik dapat menunjang kehidupan sehari-hari dan menciptakan keluarga yang sehat.

Wadah plastik memiliki keunggulan dibandingkan dengan material lainnya dalam menyimpan makanan, mulai dari membuat bahan makanan lebih awet hingga menjadikan kandungan gizi makanan dan minuman lebih terjaga.

Baca juga: Teknologi "3D Trasar" tingkatkan efisiensi penggunaan air industri

Plastic untuk menyimpan makanan juga memiliki peran untuk melindungi bahan makanan dari kontaminasi, termasuk menjamin keamanan bahan makanan, memelihara kualitas, dan meningkatkan masa simpan. Wadah harus dirancang sedemikian rupa untuk melindungi pangan dari pengaruh lingkungan seperti cahaya, oksigen, kelembapan, mikroorganisme, serangga, debu, emisi gas, tekanan, dan lain lain.

Chef Norman Ismail, mengatakan wadah plastik tertutup seperti kotak Thinwall dan kotak plastik menjaga makanan menjadi tetap sehat dan segar dan kemasannya tahan lama. Selain segar dan tahan lama, isi kulkas juga terlihat lebih rapi dan tidak menimbulkan bau tidak sedap.

Chandra Asri memproduksi olefins (ethylene dan propylene) dan polyolefins (polyethylene atau PE dan polypropylene atau PP) atau biasa dikenal sebagai produk biji plastik yang nantinya dapat diproses oleh industri hilir untuk menjadi barang bermanfaat. Chandra Asri telah melayani berbagai sektor mulai dari consumer packaging, plastic packaging, otomotif, pipa PVC dan PE perumahan sebagai penyedia bahan baku.

“Keunggulannya bisa untuk tempat makan, bahan PP juga bisa untuk sektor medis seperti pada alat suntik, di otomotif untuk dashboard dan ember plastik rumahan,” ujar Technical Services Engineer Chandra Asri, Alexandra Andina.

Chandra Asri memiliki rekam jejak lebih dari 31 tahun dalam mengoperasikan pabrik petrokimia terbesar dan terintegrasi di Indonesia dengan menggabungkan teknologi canggih dan fasilitas pendukung di pabriknya yang berlokasi strategis di pusat industri Cilegon dan Serang.

Seluruh produk biji plastik Chandra Asri telah memperoleh beragam sertifikat dari lembaga-lembaga kredibel mancanegara seperti European Union Food Contact, US FDA Food Contact, dan Japanese Food Contact. Sedangkan untuk regulasi dalam negeri, produk Chandra Asri sudah memenuhi standar food packaging control dari regulasi BPOM nomor 20 tahun 2019, Sertifikat SNI, dan Halal compliance certificate.

Baca juga: Chandra Asri meraih pendapatan 1,07 miliar dolar AS di semester I-2023

Baca juga: Pemkot Cilegon gandeng Chandra Asri dan KS bangun Pelabuhan Warnasari

Baca juga: Usung sirkular ekonomi, Kemenperin dukung industri olah sampah plastik


Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023