Konsep `ekonomi biru` mencontoh cara kerja alam atau ekosistem, bekerja sesuai dengan apa yang disediakan alam dengan efisisen dan tidak mengurangi tapi justru memperkaya alam,"
Bogor (ANTARA News) - Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto mengatakan "ekonomi biru" (blue economy) merupakan konsep yang menggabungkan pengembangan ekonomi dan pelestarian lingkungan.

"Konsep `ekonomi biru` mencontoh cara kerja alam atau ekosistem, bekerja sesuai dengan apa yang disediakan alam dengan efisisen dan tidak mengurangi tapi justru memperkaya alam," katanya melalui Kantor Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Senin.

Terkait seminar nasional perikanan tangkap ke-5/2013 bertema "Penerapan Hasil Penelitian untuk Mendorong Industrialisasi Perikanan Laut Indonesia" yang terselenggara atas kerja sama Departemen Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (PSP-FPIK) IPB dengan Forum Komunikasi Kemitraan Perikanan Tangkap (FK2PT), ia memberikan apresiasi.

Menurut Rektor, kebutuhan akan percepatan pembangunan kelautan dan perikanan tersebut akan memerlukan dukungan kajian-kajian ilmiah ataupun penelitian-penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di lembaga pendidikan maupun lembaga penelitian.

"Perguruan Tinggi dan lembaga penelitian diharapkan dapat menyediakan terapan-terapan teknologi yang dihasilkan melalui kegiatan penelitian yang berkesinambungan," ujarnya.

Ia mengatakan bahwa hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan tentunya perlu dipublikasikan, didiseminasikan dan ditindaklanjuti.

"Sehingga dapat diaplikasikan untuk kebutuhan pembangunan nasional," tukasnya.

Penyelenggaraan kegiatan seminar, kata dia, merupakan sebuah media yang strategis untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian tersebut.

"Sehingga mempertemukan para pemangku kepentingan (stakeholder) perguruan tinggi," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Departemen PSP FPIK IPB Budi Wiryawan menambahkan yang mengemuka dalam seminar itu industrialisasi kelautan dan perikanan merupakan upaya untuk mempercepat pembangunan kelautan dan perikanan melalui modernisasi sistem produksi.

Di samping itu, untuk peningkatan produktivitas, nilai tambah produk yang berdaya saing tinggi dan berorientasi pasar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Jadi, katanya, konsep "ekonomi biru" dikembangkan dalam kerangka keseimbangan antara pemanfaatan ekonomi sumberdaya alam dan pelestarian lingkungan. (A035/C004)

Pewarta: Andi Jauhari
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013