Fokus pengembangan jaringan tidak hanya berpusat di wilayah perkotaan, namun menjangkau hingga ke pelosok
Bandarlampung (ANTARA) - PT Telkomsel terus melakukan pemerataan akses infrastruktur telekomunikasi dan melakukan peningkatan kualitas koneksi internet (broadband) 4G/LTE di seluruh Indonesia termasuk di desa terpencil di Provinsi Lampung.

"Fokus pengembangan jaringan tidak hanya berpusat di wilayah perkotaan, namun menjangkau hingga ke pelosok, seperti pembangunan site 4G/LTE di dua lokasi Kabupaten Tulangbawang, Lampung, yakni Desa Bawang Tirto Mulyo dan Menggala," kata General Manager Region Network Operations and Productivity Telkomsel  Sumbagsel Wawan Kuswandono dalam keterangan tertulis yang diterima di Bandarlampung, Rabu.

Desa Bawang Tirto Mulyo lanjutnya,
​merupakan wilayah dari Kecamatan Banjar Baru dengan luas wilayah 133 km persegi, dan Menggala Selatan merupakan wilayah dari Kecamatan Menggala dengan cakupan luas wilayah 344 km persegi.

Ia menyampaikan untuk membuka lebih banyak peluang dan kesempatan bagi masyarakat dalam meningkatkan produktivitas dan memaksimalkan aktivitas keseharian melalui pemanfaatan jaringan koneksi internet terdepan dan terluas dari Telkomsel, pihaknya menghadirkan jaringan terbaik hingga wilayah desa dan kampung untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masyarakat.

"Pembangunan site di Desa Bawang Tirto Mulyo dan Menggala Selatan membuka perluasan dan perkembangan ekonomi, budaya, kesehatan, dan lainnya di era digitalisasi yang membuat banyak aktivitas dilakukan secara 'online' maupun langsung dari luar rumah ataupun di dalam rumah," kata Wawan.

Baca juga: Telkomsel dukung pemenuhan digitalisasi pendidikan siswa di Denpasar

Baca juga: Telkomsel menghadirkan layanan ramah disabilitas di Tarakan 


Sebelumnya, Desa Bawang Tirto Mulyo dan Kelurahan Menggala Selatan sudah memiliki akses jaringan Telkomsel dengan jaringan 2G yang ditutup dari wilayah lain.

Kini Telkomsel dengan komitmen kesetaraan akses broadband terus membuka peluang pemanfaatan layanan bagi pelanggannya, dengan membangun dan menghadirkan new site dengan jaringan 4G/LTE di Desa Bawang Tirto Mulyo dan Menggala Selatan, yang akan mencakup kebutuhan layanan data maupun digital bagi masyarakat di wilayah tersebut.

Keberadaan new site di Desa Bawang Tirto Mulyo dan Menggala Selatan tersebut, akan melengkapi layanan Telkomsel yang mençakup lokasi Desa Tri Makmur Jaya, Pasar Unit 8, SMPN 02 Banjar Baru serta daerah padat penduduk lainnya.

Selain itu untuk Site Menggala Selatan akan mencakup wilayah Kantor Pemerintah Kabupaten Tulangbawang dan wilayah padat penduduk lainnya.

Saat ini hanya jaringan Telkomsel yang telah melengkapi kebutuhan masyarakat di kedua desa dan kelurahan tersebut, dengan mengoperasionalkan News Site Bawang Tirto dan Menggala Reborn.

Desa Bawang Tirto Mulyo dan Menggala Selatan berada di Kecamatan Banjar Baru dan Menggala di Kabupaten Tulangbawang, memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang cukup baik.

Kecamatan Banjar Baru memiliki 10 desa, dan Kelurahan Menggala memiliki 4 kelurahan dan 5 kampung dengan kualitas jaringan Telkomsel yang cukup mumpuni.

Untuk pembangunan new site di kedua lokasi tersebut, memiliki tingkat kesulitan tertentu, salah satunya lokasi yang cukup memiliki tantangan dalam menyambung transmisi konektivitas jaringan yang ada di wilayah lainnya, namun tidak menjadi penghalang bagi Telkomsel untuk terus bergerak maju, menghadirkan layanan 4G/LTE demi kemudahan warga dalam mengakses layanan internet maupun lainnya.

Untuk pembangunan new site tersebut, layanan 4G/LTE ini pun langsung dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat terutama para pelajar, pekerja dalam aktivitas kesehariannya.

Terbukti, penggunaan layanan data setiap harinya semakin meningkat sejak kehadiran layanan 4G/LTE Telkomsel di Desa Bawang Tirto Mulyo dan Kelurahan Menggala Selatan tersebut.

Saat ini keberadaan mitra gerai Telkomsel juga dapat dijumpai di desa dan kelurahan tersebut, terdapat puluhan mitra gerai sederhana yang telah menjalankan usahanya untuk menyiapkan ragam produk Telkomsel yang dibutuhkan oleh masyarakat di lokasi tersebut.

Diharapkan keberadaan mitra gerai tersebut dapat memberikan kemudahan masyarakat memperoleh produk Telkomsel, dan dapat memberikan nilai tambah penghasilan bagi mitra gerai yang menjual kebutuhan masyarakat yang umumnya memiliki mata pencaharian sebagai petani, perkebunan dan PNS, untuk mereka ke depannya selalu menggunakan produk Telkomsel.

Baca juga: Telkomsel bangun 800 BTS di wilayah Maluku Papua

Baca juga: Telkomsel berkoordinasi dengan aparat keamanan perbaiki BTS di Ilaga

 

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023