Kini sudah bisa ekspor dengan kargo udara di Terminal Cargo Freighter Bandara Internasional Sultan Hasanuddin langsung ke Hongkong
Makassar (ANTARA) - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin melayani operasi penerbangan kargo langsung dari Makassar ke Hongkong PP hasil kerja sama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan PT Rusky Aero Indonesia Raindo United Services (RUS).

"Kini sudah bisa ekspor dengan kargo udara di Terminal Cargo Freighter Bandara Internasional Sultan Hasanuddin langsung ke Hongkong," kata General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanudddin, Wahyudi di Makassar, Rabu.

Dia mengatakan penerbangan kargo tersebut menggunakan pesawat Boeing 737-800 Converted Freighter berangkat langsung dari Makassar ke Hongkong pada Rabu sore.

Menurut dia, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Sultan Hasanuddin mendukung langkah tersebut dengan menyediakan fasilitas pelayanan bandara seperti terminal kargo, landasan pacu dan fasilitas pendukung lainnya.

Baca juga: Penumpang Bandara Internasional Hasanuddin menembus lima juta orang 

Baca juga: South Sulawesi Investment Forum tawarkan 13 proyek investasi strategis

“Makassar ini adalah kota besar sebagai Hub di Indonesia Tengah dan Timur. Jadi Bandara Sultan Hasanuddin secara infrastruktur dapat dan siap melayani serta memfasilitasi penerbangan kargo langsung keluar negeri.” ujarnya.

PT Angkasa Pura I mencatat pada periode Januari – September 2023, jumlah kargo internasional yang berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sebanyak 1.268 ton. Komoditas terbesar yang diberangkatkan keluar negeri adalah komoditas perikanan.

Wahyudi mengatakan eksportir harus memanfaatkan jalur udara sebagai jalur utama pengiriman barang. Hari ini pihaknya sudah membuka penerbangan kargo dari Makassar ke Hongkong.

Penjabat Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mengatakan, pihaknya mendorong pengusaha atau eksportir memanfaatkan penerbangan tersebut.

"Kami dorong dan dukung pemanfaatan penerbangan langsung ini. Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang mendukung," ujar  Bahtiar Baharuddin.

Ke depan tak hanya komoditas perikanan yang dikirim, produk UMKM diharapkan dapat diterbangkan keluar negeri agar perekonomian Sulsel semakin tumbuh.

Peluncuran penerbangan kargo langsung ke Hongkong itu dilakukan secara simbolis dengan pemukulan gendang oleh PJ Gubernur Sulsel, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Direktur Utama PT Rusky Aero Indonesia dan Airport Operation, Security and Services Senior Manager mewakili General Manager Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

Baca juga: BPS: Perdagangan internasional Sulsel masih surplus 705 juta dolar AS

Baca juga: Penjabat Gubernur Sulsel menemukan harga beras di Pasar Maros stabil

 
Suasana persiapan penerbangan langsung "Direct Flight" kargo dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar tujuan Hongkong, Rabu (4/10/2023). Antara/ HO-AP I

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023