Gorontalo (ANTARA) - Komandan Korem 133/NW, Brigadir Jenderal TNI Totok Sulistyono, menegaskan,/ TNI bersama Polri siap mengawal demokrasi agar pelaksanaan Pemilu di Provinsi Gorontalo berjalan dengan damai, aman dan lancar.

Hal itu dia ungkapkan pada peringatan HUT ke-78 TNI yang digelar di lapangan Kompi Bantuan di Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis. "Mengawal demokrasi artinya kita bersama dengan KPU, Bawaslu, aparat keamanan, pemerintah daerah dan ketua partai kita sudah deklarasi damai," ucap Danrem.

Ia mengatakan, TNI satu garis komando tegak lurus dan berkomitmen untuk netral pada Pemilu, dan berdiri pada posisi yang sama.

Ia mengungkapkan, selama 78 tahun TNI hadir untuk menjalankan amanat sebagai garda terdepan sekaligus benteng terakhir Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

TNI menurut berbagai survei telah mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi, baik di dalam maupun luar negeri. "Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh prajurit TNI atas dedikasi, loyalitas dan profesionalisme yang telah ditunjukkan selama ini," kata dia.

Selain upacara, peringatan HUT ke-78 TNI di Gorontalo dirangkaikan dengan pemberian bantuan sosial bagi warga.

Peringatan HUT ke-78 TNI tahun 2023 mengangkat tema TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi Untuk Indonesia Maju.
Sejumlah prajurit TNI mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 TNI di lapangan Kompi Bantuan Kota Gorontalo, Gorontalo, Kamis (5/10/2023).
ANTARA/Adiwinata Solihin

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023