Palu (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah, Inspektur Jenderal Polisi Agus Nugroho, berharap Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dapat semakin meningkatkan soliditas dan sinergisitas dalam rangka menyukseskan Pemilu 2024.

"Saya mengucapkan dirgahayu ke-78 Tentara Nasional Indonesia, semoga TNI semakin profesional dalam mengabdikan dirinya untuk negeri," kata dia, usai upacara peringatan HUT ke-78 TNI di Lapangan Batalion Infantri 711/Raksatama, Palu, Kamis.

Baca juga: Pembebasan sandera tawanan teroris tandai HUT ke-78 TNI di Kendari

Ia menyampaikan pada momentum HUT ke-78 TNI, diharapkan soliditas serta sinergisitas antara TNI-Polri yang telah terjalin baik selama ini, dapat semakin ditingkatkan khususnya dalam rangka menyukseskan agenda politik tahun 2024 yakni Pemilu serentak.

Dengan demikian, kata dia, situasi dan kondisi di Provinsi Sulawesi Tengah yang secara umum saat ini sudah kondusif dapat menjadi semakin aman, damai dan sejuk.

Menurut dia, Pemilu 2024 merupakan agenda nasional yang perlu pengawalan dan pengamanan secara bersama-sama untuk menghindari dan mengantisipasi hal-hal tidak diinginkan yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat.

Baca juga: Korem 132/TDL komitmen bersinergi dengan seluruh pihak kawal demokrasi

Sehingga kerja sama TNI dan Polri mewujudkan situasi yang kondusif sangat penting untuk menghadapi tahun politik menuju Pemilu 2024. "Sinergisitas dan soliditas TNI dan Polri di Sulteng hingga saat ini terjalin dengan baik, selalu kompak dalam berbagai kegiatan di tengah masyarakat," katanya.

Ia berharap hubungan tersebut terus dipererat dan bergandengan tangan dengan semua pihak baik pemerintah maupun semua elemen masyarakat.

Baca juga: Hasto: TNI patriot NKRI

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura, berharap para prajurit TNI dapat semakin solid dan kuat untuk mengawal serta menjaga kedaulatan NKRI.

Menurut dia, para prajurit TNI sebagai garda terdepan untuk mengawal bangsa dan demokrasi Indonesia menuju Indonesia maju. "Saya ucapkan selamat HUT ke-78 TNI. Semoga semakin solid, semakin kuat, modern serta semakin maju dalam mengawal NKRI," kata dia.

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023