Kita membagikan masker ini sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah
Padang (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Padang Sumatera Barat membagikan 3.500 lebih masker kepada masyarakat di kota itu guna mencegah terjadinya penyakit infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) akibat kabut asap.

  "Kita membagikan masker ini sekaligus menyosialisasikan kepada masyarakat untuk sebisa mungkin mengurangi aktivitas di luar rumah agar terhindar dari kabut asap," kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sumatera Barat Robert Candra Eka Putra di Padang, Kamis.

  Pemerintah Kota Padang melalui BPBD setempat sengaja membagikan 3.500 lembar masker di salah satu pasar tradisional di kota itu. Alasannya pasar merupakan salah satu tempat yang paling ramai dikunjungi masyarakat sehingga sasaran masker dan sosialisasi pencegahan ISPA bisa optimal.

  Robert menjelaskan pembagian masker gratis tersebut merupakan langkah antisipatif agar tidak ada masyarakat Kota Padang yang terkena ISPA, maupun penyakit lainnya saat musim kemarau.

  Dia juga menjelaskan beberapa poin penting dalam surat edaran yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Padang, salah satunya terkait dengan larangan membakar sampah untuk mengurangi dampak kabut asap.

  Sebelum surat edaran tersebut dikeluarkan, Robert mengatakan, pemerintah setempat telah lebih dulu menerbitkan Peraturan Daerah Nomor 12 Tahun 2021 yang mengatur tentang larangan membakar sampah sembarangan.

  Kemudian, dalam surat edaran yang sama, pemerintah daerah juga mengajak masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah apabila tidak mendesak atau terlalu penting. Apabila tetap harus keluar rumah, maka disarankan menggunakan masker.

  "Pemerintah tidak melarang keluar rumah. Tapi masyarakat harus melindungi diri dengan menggunakan masker saat keluar rumah," katanya.

  Pemerintah setempat juga mengimbau masyarakat yang sudah mengalami tanda-tanda atau dampak dari kabut asap seperti gangguan pernapasan, mata merah dan sebagainya untuk segera ke rumah sakit atau pusat layanan kesehatan terdekat.

  Ia menambahkan, sejauh ini khusus wilayah Kota Padang tidak ditemukan adanya kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Kabut asap yang menyelimuti daerah itu diperkirakan kiriman dari daerah lain.

  "Dugaan kita, ini kabut asap kiriman karena di Kota Padang tidak ada kebakaran hutan dan lahan," kata Robert.

  Berdasarkan pantauan data SiPongi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Rabu (4/10) terpantau lima titik panas (hotspot) di Kabupaten Pesisir Selatan yang masuk kategori merah.

  Tidak hanya itu, beberapa kabupaten seperti Kabupaten Limapuluh Kota, Dharmasraya, Kabupaten Pasaman Sijunjung, Pesisir Selatan, dan Solok Selatan juga ditemukan titik panas, namun masih kategori kuning dan hijau.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023