Mukomuko (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, sampai sekarang belum menjalankan Putusan Mahkamah Agung (MA) terkait jumlah perempuan calon anggota legislatif minimal 30 persen untuk Pemilu 2024 karena belum ada juknis putusan itu.

Putusan Mahkamah Agung Nomor 24 P/HUM/2023 tentang keterwakilan perempuan belum bisa dijalankan karena sampai hari ini juknis juga belum muncul," kata Ketua KPUD Kabupaten Mukomuko, Deni Setiabudi, di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, Kamis.

Baca juga: KPU imbau parpol pastikan keterwakilan perempuan di Pemilu 2024

Soal juknis jumlah perempuan calon anggota legislatif minimal 30 persen, katanya, sepertinya di lembaga DPR belum bisa membahas itu, waktu tidak ada lagi untuk membahasnya. "Membahas juknis itu membutuhkan waktu yang cukup panjang, kemungkinan tidak terkejar dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Ia mengatakan, kemungkinan keputusan terkait jumlah perempuan calon anggota legislatif minimal 30 persen bukan diterapkan di Pemilu 2024 tetapi pada pemilihan umum berikutnya.

Baca juga: Pakar: keterpilihan caleg perempuan di Sulsel berpotensi bertambah

Sebelumnya, KPD setempat menetapkan daftar calon tetap pada 4 November 2023. Partai politik masih bisa selain melengkapi persyaratan komposisi perempuan caleg 30 persen serta mengubah nomor urut caleg dan daerah pemilihan caleg.

"Yang tidak bisa itu menambah jumlah caleg. Kalau partai politik telah mengusulkan empat caleg, jumlahnya dalam DCT tetap empat caleg," katanya.

Baca juga: Anggota DPR sebut sistem pemilu terbuka beri peluang caleg perempuan

Ia menyebutkan ada 257 caleg atau bertambah satu orang dari data sebelumnya sebanyak 256 caleg karena ada satu caleg dari Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan di Daerah Pemilihan 2 Mukomuko yang sebelumnya tidak memenuhi syarat menjadi memenuhi syarat.

KPUD Kabupaten Mukomuko menambah jumlah caleg di Dapil 2 Mukomuko guna menindaklanjuti hasil keputusan sidang Bawaslu yang menerima gugatan pengurus PDI Perjuangan Kabupaten Mukomuko.

Baca juga: KPU RI sebut seluruh parpol penuhi komposisi calon DPR perempuan

"Sudah kami masukkan waktu DCS karena yang bersangkutan memenuhi syarat menjadi caleg sehingga jumlah keseluruhan caleg untuk Pemilu 2024 di daerah ini bertambah dari 256 menjadi 257 caleg," kata dia.

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023