Jakarta (ANTARA) - Babak Grand Final Mandiri Indonesia 3x3 Tournament akan digelar pada tanggal 7 hingga 8 Oktober 2023 di Cilandak Town Square Jakarta, yang akan mempertemukan para pemenang dari empat seri sebelumnya.

"Kita telah sampai di grand final, setelah beberapa seri yang dimulai dari seri pertama 25 Februari lalu di Jawa Timur, sehingga sudah punya juara di masing-masing provinsi, dan akan bertarung memperebutkan gelar juara di Jakarta," kata Direktur Utama PT Supersport Sensation (SSS) Internasional Azwan Karim dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Mandiri Indonesia 3x3 Tournament telah digelar pada empat seri, yaitu seri pertama di Jawa Timur, seri kedua di Jawa Barat, seri ketiga di DKI Jakarta, dan seri keempat di DI Yogyakarta.

Tim yang menjadi juara pada masing-masing Provinsi Indonesia akan bertarung pada babak grand final dengan fase grup yang dilanjutkan lagi lewat babak gugur untuk menentukan satu tim yang jadi juara.

Baca juga: Grand Finale Mandiri Indonesia 3x3 Tournament digelar Oktober

"Untuk hadiah total ada Rp50 juta untuk masing-masing seri. Dan pada grand final disiapkan hadiah total Rp75 juta," kata Azwan.

Pelaksanaan turnamen bola basket 3x3 untuk pebasket usia muda ini juga didukung oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta dengan penyelenggaraan Seri 3 di Lapangan Banteng Jakarta Pusat, dan kembali dilangsungkan di Jakarta pad babak Grand Final.

"Pada prinsipnya kami sangat mendukung kegiatan seperti ini. Kami mengharapkan event seperti ini makin banyak, supaya makin banyak muncul bibit-bibit talenta basket Indonesia," kata perwakilan dari Dispora DKI Jakarta Wisnu Dewanto.

Azwan Karim mengatakan, SSS Internasional menyelenggarakan Mandiri Indonesia 3x3 Tournament bekerja sama dengan PP Perbasi yang bertujuan untuk memunculkan bakat-bakat muda pebasket nasional, khususnya pada nomor 3x3.

Azwan menyebut setelah dua tahun SSS Internasional menyelenggarakan turnamen basket 3x3, sudah memunculkan sejumlah nama pemain yang dipanggil oleh tim Indonesia Patriots.

Dia menyebut penyelenggaraan turnamen basket 3x3 ini memang bertujuan sebagai ajang mencari bakat-bakat pebasket muda Indonesia untuk masa mendatang.

Baca juga: Antusiasme peserta putri bakal digenjot di Mandiri 3X3 Indonesia
Baca juga: Mandiri 3X3 Indonesia diharapkan jadi ajang pembibitan pebasket timnas
Baca juga: Turnamen basket Mandiri 3X3 Indonesia hadir di Jakarta

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023