Jakarta (ANTARA) - Grand Finale Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2023 akan digelar pada pekan pertama Oktober di Cilandak Town Square (Citos) Jakarta yang menjadi ajang kompetisi bagi pebasket muda usia 18-23 tahun.

"Citos kembali menjadi venue pelaksanaan babak Grand Finale Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2023. Dilaksanakan pada 7 dan 8 Oktober," kata Project Director Mandiri Indonesia 3X3 Tournament 2023 Chaerul Anwar Azis di Jakarta, Senin.

Chaerul mengatakan pelaksanaan babak puncak kompetisi basket 3x3 tersebut pada tahun lalu juga dilaksanakan di Citos. Saat itu pelaksanaan berlangsung dua hari, yakni tanggal 26-27 November 2022 dengan peserta 64 tim dari tim putra dan putri.

Untuk tahun ini, lanjut Chaerul, ajang ini dimotori Super Sport Sensation (SSS) International bekerja sama dengan PP Perbasi dan didukung oleh perusahaan BUMN yang memang berfokus pada pengembangan olahraga basket Tanah Air, yakni Bank Mandiri.

Agar persaingan lebih kompetitif, peserta disaring lebih ketat. Sehingga mendapatkan 32 tim dari putra dan putri untuk fase puncak ini. Mereka adalah tim terbaik dari berbagai daerah di Indonesia yang sebelumnya sudah berjuang di tahap kota dan provinsi.

Tahun ini, ada beberapa penyegaran untuk tuan rumah di fase kota atau City Selection menyusul munculnya tuan rumah baru yaitu Lamongan untuk di Jawa Timur, Depok sebagai perwakilan Jawa Bara, kemudian juga diselenggarakan di DKI Jakarta, dan Yogyakarta.

"Di Grand Finale total ada 132 atlet dari 32 tim. Ini akan menjadi persaingan yang menarik karena pesertanya ada yang debutan dan sudah ikut lebih dulu tahun lalu. Yang debutan tentu memiliki ambisi menunjukkan bahwa mereka tidak kalah secara kualitas," katanya.

Kompetisi 3x3 dengan kategori khusus pebasket muda ini diharapkan bisa memunculkan calon-calon pebasket nasional untuk meneruskan perjuangan dalam mengembangkan olahraga basket di Indonesia. Selain itu, penyelenggaraan kompetisi olahraga bola basket nomor 3x3 juga dimaksudkan untuk menghidupkan olahraga basket setengah lapangan ini.

Baca juga: Dari Kejurnas 3X3, empat tim pastikan diri lolos PON 2024
Baca juga: Kompetisi IBL 3x3 akan digelar di lima kota

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023