tentu saja harus mencari orang sebagai menteri pertanian
Jakarta (ANTARA) - Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo telah mengajukan permintaan untuk menghadap kepada Presiden Joko Widodo pada Jumat (6/10) terkait pengunduran dirinya dari jajaran Kabinet Indonesia Maju.

"Beliau (Syahrul Yasin Limpo) minta waktu rencananya besok (Jumat, 6/10) akan menghadap Pak Presiden (Jokowi). (Syahrul) Memohon waktu kepada Pak Presiden menghadap, besok," kata Pratikno setelah menerima Syahrul Yasin Limpo di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis petang.

Pratikno mengatakan awalnya Syahrul ingin bertemu Jokowi pada Kamis. Namun, Pratikno tidak bisa menjanjikan jadwal pertemuan pada Kamis.

Baca juga: Febri Diansyah: Mentan siapkan tim gabungan untuk penyidikan KPK

Selain itu, Syahrul juga baru tiba di Indonesia dari luar negeri pada Rabu malam (4/10) dan selesai berkegiatan penuh di Kantor Kementerian Pertanian (Kementan), Polda Metro Jaya, hingga DPP Partai Nasdem pada Kamis. Karena kesibukannya itu, Syahrul pun mengubah jadwal untuk menghadap Jokowi menjadi pada Jumat.

"Kami juga menawarkan kepada Pak Syahrul apakah akan menghadap Pak Presiden petang ini, itu saya akan jajaki (tapi) saya tidak berjanji; tapi Pak Syahrul Limpo tadi sudah kan baru tiba dari luar negeri, terus kemudian seharian full ada berbagai macam acara," jelas Pratikno.

Pratikno pun mengatakan Setneg telah menerima surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo sebagai mentan dan segera melaporkan kepada Presiden Jokowi. Selanjutnya, Pratikno akan menunggu arahan Jokowi terkait tindak lanjutnya.

"Kemungkinannya adalah tentu, karena sudah mengundurkan diri, akan diterbitkan keppres pemberhentian; dan tentu saja kami harus mencari orang yang melaksanakan tugas sebagai menteri pertanian," katanya.

Baca juga: Mentan Syahrul Yasin Limpo resmi ajukan surat pengunduran diri

Terkait calon mentan pengganti Syahrul Yasin Limpo, Pratikno meminta untuk menunggu keputusan Jokowi.

"Nanti dulu, itu nanti keputusan Bapak Presiden," ujarnya.​​​​​​​

Syahrul Yasin Limpo datang menemui Pratikno dengan didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, pukul 17.20 WIB. Mantan gubernur Sulawesi Selatan itu tiba di Indonesia Rabu petang setelah dikabarkan "hilang kontak" di tengah pengusutan kasus dugaan korupsi di Kementan.

Baca juga: Syahrul Yasin Limpo buka suara setelah datangi Polda Metro Jaya

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023