Saya kira Presiden akan segera memutuskan Kepala BKPM,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pengganti Chatib Basri, segera diputuskan oleh Presiden.

"Saya kira Presiden akan segera memutuskan Kepala BKPM," ujarnya di Jakarta, Selasa.

Hatta mengatakan pengganti Chatib Basri tersebut segera diumumkan, karena beban kerja sebagai menteri keuangan membutuhkan tingkat konsentrasi sangat tinggi, sehingga tidak mungkin rangkap jabatan.

"Memegang jabatan menteri keuangan itu tidak mungkin dirangkap, saya sudah merasakan selama satu bulan lebih. Kita memerlukan ketelitian yang tinggi," ujarnya.

Hatta menceritakan kondisi ketika merangkap jabatan sebagai pelaksana tugas menteri keuangan, dimana setiap hari berkas pekerjaan yang diberikan wakil menteri keuangan berada dalam satu koper besar.

"Setiap hari selama satu bulan saya dikirim koper oleh wakil menteri keuangan. Ini adalah pekerjaan yang penting untuk menjaga agar APBN tetap terjaga dan berjalan dengan baik," ujarnya.

Selain itu, Hatta juga menceritakan sering mendapatkan memo dari para Direktur Jenderal yang tebalnya mencapai enam lembar setiap berkas, yang harus dibaca sebelum mendapatkan persetujuan.

"Kalau ada memo dari dirjen anggaran, itu enam lembar yang harus dibaca detil," katanya.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono secara resmi telah melantik Muhammad Chatib Basri sebagai Menteri Keuangan yang baru, menggantikan Agus Martowardojo di Istana Negara.

Chatib Basri sebelumnya menjabat Kepala BKPM, sejak 13 Juni 2012, menggantikan Gita Wirjawan yang terpilih sebagai Menteri Perdagangan.

(S034/B008)

Pewarta: Satyagraha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013