Tangerang (ANTARA) — Dalam rangka memberikan penerangan kepada masyarakat sekaligus meningkatkan pemanfaatan energi terbarukan yang ramah lingkungan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) melakukan pemasangan 310 unit Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) di Kabupaten Tangerang.

“Sebanyak 20.546 unit lampu surya telah terpasang di sejumlah titik pada tahun 2022. Untuk Kabupaten Tangerang, sejak tahun 2021 sampai dengan tahun 2022, telah terpasang sebanyak 735 unit PJU-TS, yang merupakan aspirasi Bapak Zulfikar Hamonangan,” tutur Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur EBTKE, Hendra Iswahyudi yang ditemui saat seremonial penyerahan PJU-TS Kabupaten Tangerang pekan lalu (Sabtu, 30/9).

Lebih lanjut Hendra mengungkapkan program pemasangan PJU-TS juga merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mencapai Net Zero Emission tahun 2060 atau lebih cepat melalui strategi pemanfaatan energi baru dan energi terbarukan secara masif dan penerapan konservasi energi. Selain itu, menurut Hendra program ini juga akan sangat bermanfaat bagi pemerintah daerah untuk menghemat pengeluaran Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Seiring dengan diterapkannya tariff adjustment bagi golongan rumah tangga berdaya 3.500 VA atau lebih dan golongan Pemerintah, termasuk di dalamnya golongan tarif Penerangan Jalan Umum (P3), maka pemasangan PJU-TS akan sangat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran pemda khususnya yang berasal dari pajak penerangan jalan,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi VII DPR-RI, Zulfikar Hamonangan mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur harus dilaksanakan secara merata, baik melalui dana desa atau APBD maupun APBN. 

“Salah satu pembangunan infrastruktur yang telah dilaksanakan adalah pemasangan PJUTS yang sangat bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab Bupati Kabupaten Tangerang, Andi Ony menyambut baik program pemasangan PJU-TS karena mendukung program pemerintah dalam mengurangi emisi gas rumah kaca dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Kami ucapkan terima kasih atas terpasangnya PJU-TS di wilayah Kabupaten Tangerang. Keberadaan PJU-TS ini bermanfaat untuk masyaraka. Kami harap masyarakat dapat menjaga PJU-TS yang telah terpasang,” tutupnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023