Humanity Camp ini sudah dilaksanakan di berbagai provinsi di Indonesia,
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar Humanity Camp yang diikuti oleh puluhan mahasiswa dari 12 perguruan tinggi di wilayah Jawa Barat, kegiatan ini digelar dari 4-6 Oktober 2023 di Wisma Kabayan, kawasan wisata Pondok Halimun, Kabupaten Sukabumi, Jabar.

"Puluhan mahasiswa ini berkumpul sebagai relawan yang juga aktif sebagai Korps Sukarelawan (KSR) PMI. Selama mengikuti kegiatan ini mereka diberikan berbagai edukasi agar dalam menjalankan tugas sebagai relawan PMI mereka dihormati, bermanfaat dan patuh serta taat terhadap hukum dan aturan," kata Kepala Sub Divisi Diseminasi PMI Pusat Indra Yogaswara di Sukabumi, Kamis.

Menurut Indra, kegiatan yang juga didukung International Committee of the Red Cross (ICRC) ini merupakan salah satu program dari diseminasi kepalangmerahan bagi para relawan yang tergabung dalam KSR di perguruan tinggi.

"Humanity Camp ini sudah dilaksanakan di berbagai provinsi di Indonesia, seperti pada 2022 lalu digelar di Kota Padang, Sumatera Barat, Kota Bandung, Jabar, Kebumen, Jawa Tengah dan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT)," katanya.

Baca juga: Wapres: UU Kepalangmerahan teguhkan PMI
Baca juga: Pengesahan UU Kepalangmerahan kado akhir tahun PMI


Adapun metode pelatihan yang diberikan baik tatap muka maupun secara daring. Namun untuk di Kabupaten Sukabumi ini dilakukan dengan cara atau metode berbeda tetapi pembelajarannya langsung di alam terbuka. Peserta berkemah selama tiga hari dan mengikuti berbagai edukasi, pembelajaran dan permainan sesuai kurikulum diseminasi standar.

"Adapun pembelajaran yang diberikan seperti tentang hukum humaniter internasional, aturan sebagai relawan, kemanusiaan, pemberian pertolongan dan sikap sebagai relawan saat bertugas," tambahnya.

Indra mengatakan narasumber yang memberikan berbagai edukasi berasal dari ICRC, Markas PMI Pusat, PMI Provinsi Jabar dan PMI Kota Sukabumi. Pihaknya berharap melalui kegiatan ini mahasiswa yang tergabung dalam KSR PMI di perguruan tinggi bisa menjalankan tugasnya saat menjadi relawan.

Tujuan utamanya untuk melindungi relawan saat bertugas baik saat penanganan korban bencana, distribusi bantuan hingga penanganan untuk korban kerusuhan maupun saat menjalankan tugas di daerah konflik atau rawan.

Baca juga: PMI berkomitmen layani korban bencana cepat pulih bangkit
Baca juga: PMI peringati hari relawan internasional tsunami Aceh
Baca juga: Jusuf Kalla: Jumbara ajang silaturahim anggota PMR

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023